Kodim 0105/Abar Gelar Pembinaan Kesiapan Apwil dan Puanter Triwulan 1 TA. 2021

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, ACEH BARAT  –  Guna meningkatkan kesiapan kualitas dan profesionalitas Prajurit dalam rangka pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan darat, Kodim 0105/Abar menggelar kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter (Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial) Triwulan 1 TA. 2021 yang berlangsung di Aula Makodim Jalan lmam Bonjol Desa Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan dengan mengusung tema “Melaksanakan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Darat”, Senin (15/3/2021).

Dalam sambutan Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera S.Sos M.A.P yang dibacakan oleh Danramil 04/Meureubo Kapten lnf Suyono menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan perintah dari Komando Atas guna memelihara dan meningkatkan kemampuan Prajurit dalam mengimplementasikan tugas secara proporsional dan profesional. Menterjemahkan sekaligus menjabarkan strategi ke dalaman kegiatan Binter yang aktif dan produktif sesuai dengan tuntunan dan tuntutan baik melalui menejemen teritorial atau pembinaan wilayah.

” Jadikan kegiatan ini, sebagai barometer bagi kita selaku aparat kewilayahan mulai dari Danramil – Danposramil sampai dengan Babinsa, guna menunjang tugas pokok Kodim dengan tujuan sebagai bekal tugas pemberdayaan wilayah pertahanan darat melalui kegiatan metode Binter di lapangan sekaligus untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas kerja. Seperti halnya penanganan Covid – 19 yang telah kita lakukan selama ini”, kata Kapten Suyono

Lebih lanjut, kegiatan ini juga merupakan bagian yang sangat penting bagi kesiapan seluruh aparat kewilayahan dalam menjalankan fungsi pembinaan teritorial sekaligus sebagai fungsi utama TNI AD.

“Melalui kegiatan ini, harapannya Babinsa tidak hanya sebatas memahami dan menguasai llmu Teritorial (Lima Puan Ter, Metode Binter, Sikap Ter) namun harus mampu merealisasikan dalam melaksanakan tugas pembinaan teritorial di wilayahnya”, imbuh Kapten Suyono

Adapun materi yang diberikan dan pemateri yang menyampaikan diantaranya 3 Metode Binter (Lettu lnf Khaerul Zein S.H), 5 Kemampuan Teritorial (Kapten lnf Herinizal), Sikap Teritorial (Kaptan lnf Suyono) dan Perkembangan Teknologi dan lnformasi oleh Kapten lnf Rahmad Edy. Kegiatan ini digelar selama 2 hari, yakni tanggal 15 s.d 16 Maret 2021.

RED

Share.

About Author

Leave A Reply