Seniman Jember Mulai Bangkit Lagi

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JEMBER – Setelah vakum sekira 6 bulan lantaran pandemi covid 19, para seniman seni tradisi di Kabupaten Jember mulai mengungkapkan ekspresinya. Jetos jember town square seakan menjadi saksi, para anak – anak muda yang tampil penuh percaya diri dalam suasana gerimis itu, Sabtu (13/3/2021).

Mereka tergabung di sanggar Hastarini, dipimpin oleh Ninin Sri Laksmi. Pertunjukan itu merupakan pertunjukan dalam rangka memperingati hari lahir ke 41 Hastarini. Diawali dengan seni reyog ponorogo oleh boloroyog Talangsari, dilanjutkan dengan beberapa penampilan seperti tari lepas taro gajah, gandrung marsam juga tarian lainnya.

Pengurus Dewan Kesenian Jember, Iwan Kusuma mengapresiasi kepada managemen Jetos yang sudah memfasilitas para pemuda untuk menampilkan pertunjukan oleh generasi muda.

” Saya apresiasi sekali pada management Jetos yang telah memfasilitasi panggung, sehingga acara ini terlaksana. Juga kepada para talent serta panitia. Karena tanpa kerja mereka acar ini tidak akan pernah ada,” kata Iwan Kusuma dalam sambutan pembukaan acara itu.

Iwan mengutarakan, Pemerintahan Kabupaten Jember seharusnya lebih bisa berbuat dari apa yang telah dilakukan oleh pihak swasta. Sebab kata dia, para seniman juga merupakan warga Kabupaten Jember yang perlu mendapatkan fasilitas.

“Ini seharusnya menjadi contoh Pemerintah daerah, untuk bisa menumbuhkan para minat generasi untuk berkarya,” ujar Pakde Iwan.

Selain penampilan pemuda jember, acara itu juga mendapatkan sumbangan penampilan dari komunitas tari Kabupaten Banyuwangi. Menampilkan tari gandrung jejer dadung. Selain itu, komunitas linedance juga turut mengisi acara.

SHODIQ

Share.

About Author

Leave A Reply