Jhoni Kelmanutu: Konferwil 2021 PWI Kota Depok Harus Jurdil

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA DEPOK — Berdasarkan dan serta mengacu kepada peraturan Pesatuan Wartawan Indonesian, (PWI) Jawa Barat, BAB IV, menyebutkan Kongres dan Konferensi menyatakan di Pasal 12. Nomor 3, Konferensi PWI Kabupaten/Kota adalah pemegang kekuasaan dan wewenang tertinggi di tingkat Kabupaten/Kota.

”  Jadi, terkait dengan pemilihan Ketua PWI Kota Depok yang akan berlangsung pada 1 April 2021. Masa bakti kepengurusan PWI Kota Depok 2018/2021 atau selama tiga tahun itu sudah berakhir pada 1 April 2021. Maka,
Konferwil PWI Kota Depok diharapkan
berlangsung secara demokratis, jujur dan adil (jurdil) tanpa campur tangan pihak luar,” ujar pendiri PWI Kota Depok Jhoni Kelmanutu, Senin (8/3/2021).

Jhoni mengingatkan, bahwa Konferwil yang akan berlangsung itu harus sesuai dengan DP/ART PWI, dan berlangsung secara demokratis, tidak money politik dan campur tangan pihak luar dalam hal ini Pemkot Depok. “Bahkan natinya, di dalam pemilihan Ketua PWI Depok tersebut, diharapkan yang sudah mumpuni dan kalau bisa dari wartawan media nasional,” imbuh wartawan senior di Kota Depok itu.

Sebelumnya, Sekretaris Umum PWI Jawa Barat (Jabar) sudah mengirim dua surat ke alamat Sekretariat PWI Kota Depok untuk segera dibentuk kepanitiaan Konferensi Wilayah (Konferwil) untuk pemilihan Ketua PWI Kota Depok yang akan berlangsung pada 1 April 2021. Masa bakti kepengurusan PWI Kota Depok 2018/2021 atau selama tiga tahun sudah berakhir pada 1 April 2021.

“Jadi terkait dengan hal itu, surat juga sudah dikirm ke alamat pengurus ke Sdr Suwandi. PWI Jabar akan melaksanakan konferwil serentak di seluruh Jabar,” ujar Wakil Bidang Organisasi PWI Jabar, Muhammad Syafrin Zaini, Jumat (5/3/2021), lalu.

Syafrin juga menjelaskan, bahwa seperti biasanya PWI Jabar salalu bersurat kepada seluruh Ketua dan pengurus PWI Kabupaten/Kota, memberi tahukan bahwa masa kepengurusan sudah akan berakhir sesuai dengan SK dari PWI Pusat.

“Artinya, berdasarkan dengan surat pemberitahuan tersebut, kepengurusan PWI Kota Depok sudah harus membentuk kepanitiaan konferensi, setelah itu panitia melakukan konsultasi dengan pengurus PWI Jabar mengenai pelaksanaan konferensi yang dibicarakan waktu pelaksanaan, tempat pelaksanaan, rancangan tata tertib (tatib), dan pengesahan jumlah peserta konferensi (pemilih, dipilih dan peninjau). Karena PWI Jabar sudah bersurat, silahkan sikapi saja surat tersebut,” jelasnya.

Sementara itu Windarto, selaku Wakil sekretaris PWI Kota Depok membenarkan, bahwa pihaknya sudah menerima surat dari PWI Jabar terkait dengan pelaksanaan konferwil PWI Kota Depok. “Jadi benar terkait hal tersebut, kami pengurus PWI Depok segera membentuk panitia konferensi. Untuk itu, mohon dukungannya,” ucap Windarto.

Seperti diketahui, pada pelaksanaan Konferwil PWI Kota Depok 2021, berjumlah 19 orang berstatus anggota biasa yang dapat ikut serta dalam proses pemilihan tersebut diantara,

1. Tardip (Ketua PWI Depok 2018/2021)
2. Herry Setiawan (Depoktren.com)
3. Rahmat Tarmuji (Jurnal Depok)
4. Rusdy Nurdiansyah (Republika)
5. Hadi Effendi (Debar)
6. Suwandi (Pelita)
7. Heru Sasongko (Harian Sederhana).
8. Hendrik Isnaeni (Elshinta)
9. Rido Lingga (RRI)
10. Feru Lantara (Antara)
11.Hendri Arifianto (Koran Lampu Hijau).
12. Sudibyo (Harian Sederhana)
13 Firtra Ratory (Depoknews)
14. M. Irwan (Warta Depok)
15. Anton Pulung (PoskotaOnline),
16. Wahyu Saputra (Harian Sederhana)
17. Windarto (Suara Karya)
18 Joko Warihyo (Jaya Pos)
19. Maulana Said (RadarOnline.id)

Sedangkan, dari 19 orang tersebut, yang bisa dipilih jadi ketua PWI sebanyak 10 orang diantaranya,

1. Tardip (Ketua PWI Depok 2018/2021)
2. Rahmat Tarmuji (Jurnal Depok)
3. Windarto (Suara Karya).
4. Hadi Effendi (Debar)
5. Rusdy Nurdiansyah (Republika)
6. Suwandi (Pelita),
7. Hendri Arifianto (Koran Lampu Hijau).
8. Sudibyo (Harian Sederhana)
9. Firtra Ratory (Depoknews)
10. Wahyu Saputra (Harian Sederhana).

YEN

Share.

About Author

Leave A Reply