Pembukaan Galeri Karya-karya Warga Binaan Rutan Kelas I Cipinang

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Pembukaan galeri karya tangan-tangan kreatif Warga Binaan Pemasyaratakan (WBP) Rutan Kelas I Cipinang digelar di aula Gedung 1 Rutan Kelas I Cipinang, Jakarta Timur, pada Jum’at (5/3/2021).

Yang menampilkan produk hasil pembinaan ketrampilan karya WBP.

Pembukaan galeri ini dihadiri tamu-tamu undangan dari Kantor Wilayah (Kanwil ) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemkumham) DKI Jakarta, Kejaksaan dan Pegawai Rutan Kelas I Cipinang.

Kepala Sub (Kasub) Seksi Bimbingan Kegiatan, Kiki Aji menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai sarana memperkenalkan produk produk hasil karya WBP kepada masyarakat luas.

“Kita berharap melului media ini masyarakat dapat mengenal karya tangan WBP dan membelinya. Maka dengan ke ikut serta masyarakat dalam mendukung kemandirian WBP yang di programkan Direktorat Jendral Pemasyarakat (Ditjenpas) guna mensejahterakan WBP, berhasil,” ujar Kasub Seksi Bimbingan Rutan Kelas I Cipinang Kiki Aji.

Senada dengan Kiki Aji, PLH Karutan Zecha Arya D berharap dengan adanya perhatian masyarakat terhadap karya WBP ini, maka akan menjadi pemacu WPB untuk lebih produktif dan kreatif berkarya sehingga ketika tiba saatnya nanti bebas dari masa pembinaan sudah memiliki bekal keahlian diluar.

“Mereka mungkin melakukan kekeliruan, ketidaksengajaan, karenanya harus berada di
tempat yang tidak diinginkan. Namun, bukan berarti mereka tidak berhak mendapat pembinaan”, ujar Plh. Karutan Zecha Arya D.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Timur Steven juga memuji karrya tangan WBP. ” Produk produk yang dihasilkan WBP ini sudah sangat bagus, tinggal bagaimana memaksimalkan penyampaian ke masyarakat agar karya-karya WBP ini dikenal dan dapat diibeli oleh pihak masyarakat secara luas,” ucap Steven berharap.

Adapun pembinaan dan pelatihan yang di berikan kepada WBP Rutan Cipinang itu antara lain:
Kerajinan Kulit, Pelatihan Menjahit, Sablon, Kerajinan Mug Kustom, Seni Lukis dan Musik, Pelatihan Barista, Drama Teater, Pelatihan Barbershop, Pembuatan Tempe dan Multimedia.

“Kami tidak hanya membina saja, namun juga memberikan mereka ketrampilan-ketrampilan agar mereka menjadi lebih baik dengan menyalurkan bakat yang mereka miliki seperti pembuatan kerajinan tas, lukisan-lukisan, kaos sablon dan lain-lain”,  papar Kasubsi Bimgiat.

Dengan dibukanya galeri ini masyarakat luas dapat membeli serta memesan karya-karya buatan WBP tersebut secara langsung di pesan whatsapp ataupun di website jual beli online seperti di Tokopedia.

THOMSON

Share.

About Author

Leave A Reply