HOT

Pungli Samsat Cikokol Lebih Besar Dari Pada PNBP

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA TANGERANG – Pungutan Liar pada Kantor Pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Cikokol, Kota Tangerang, Provinsi Banten ditengarai lebih besar dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Informasi yang diperoleh RadarOnline.id, beberapa jenis pungutan liar yang terjadi di Samsat Cikokol yang diduga dilakukan oleh oknum anggota Polri diantaranya, Pungli biaya mutasi luar daerah untuk kendaraan Roda 4 atau lebih yaitu sebesar Rp. 600.000., dan untuk biaya mutasi kendaraan Roda 2 Rp. 500.000., sedangkan untuk setiap pendaftaran kendaraan baru Roda 4 atau lebih di pungut Biaya Rp. 250.000., dan Rp. 130.000 untuk kendaraan Roda 2.

Selain pungli tersebut diatas, Samsat Cikokol juga terindikasi melakukan Pungli pada beberapa loket pelayanan lainya seperti, BBN masuk untuk kendaraan Roda 4 atau lebih Rp. 70.000., dan BBN Masuk untuk ke daraan Roda 2 Rp. 60.000,- sedangkan untuk proses Tukar nama (TKN) Rp. 70.000., untuk Roda 4 sedangkan untuk Roda 2 Rp. 60.000,. ACC BPKB Rp. 30.000., Cek Fisik Rp. 30.000.

Adapun sejumlah pungutan tersebut diatas, kesemuanya merupakan pungutan liar yang diperkirakan besaranya jauh lebih besar daripada Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Pasalnya, sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak di Lingkungan Polri, biaya resmi Penerbitan Mutasi Luar Daerah untuk kendaraan roda 4 atau lebih Rp. 250.000. sedangkan untuk roda 2 Rp. 150.000. Hal ini jelas menunjukkan bahwasanya Pungli jauh lebih besar daripada PNBP.

Menanggapi Hal tersebut diatas, Rudyanto selaku Wakil Ketua LSM Gempita DPD Tangerang Raya berkomentar, “kami selaku bagian dari masyarakat berharap bapak Kapolri yang baru, bapak Jendral Listyo Sigit Prabowo beserta jajaranya mampu menertibkan segala jenis pungli yang terjadi pada kantor kantor Pelayanan Masyarakat di NKRI ini termasuk Samsat Cikokol ini.

“Menurut saya tindakan melakukan Pungli adalah suatu kejahatan yang harus diberantas yang sama halnya dengan Tindak Pidana Penipuan, Tindak Pidana Pemerasan dan tindak Pidana Korupsi, yaitu sama sama bertujuan untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum dengan rangkaian kebohongan untuk atau agar orang lain menyerahkan barang atau sesuatu kepadanya. Hal ini jelas tidak boleh dibiarkan karena sangat merugikan masyarakat, dalam hal ini masyarakat yang melakukan pengurusan surat surat kendaraanya,” jelas Rudyanto kepada wartawan RadarOnline.id , Kamis ( 25/2/2021) di wilayah Tangerang Cikokol.

RODI B. S

Share.

About Author

Leave A Reply