Kunjungan Kerja Komisi III DPR RI Disambut Demo, Libertty Sitinjak: Ada Politisasi Setelah Pemindahan Tahanan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Komisi III DPR RI yang pimpin Ketua Tim Ahmad Sahroni melakukan Kunjungan Kerja reses ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, di Cawang, Jakarta Timur, Kamis (18/2/2021).

Kunjungan kerja itu disambut demo dari mahasiswa diluar Kanwil yang menyoroti tentang kinerja Kepala Kanwil DKI Jakarta Libertty Sitinjak terkait adanya sejumlah pemberitaan miring di lapas dan rutan lingkungan Kanwil DKI Jakarta.

Terkait adanya demo tersebut juga termasuk yang dipertanyakan anggota dewan kepada Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta, yang dijawab Libertty Sitinjak: adanya upaya mendiskreditkannya setelah di pindahkannya bandar besar narkoba ke Lembaga Pemasyarakatan Nusa Kambangan.

Bahkan terkait kamar atau apotik narkoba yang beredar sebagai tempat pesta narkoba dibantah Libertty. “Maaf, Dewan terhormat, terkait video pesta narkoba di Salemba itu tidak benar. Karena tidak ada ruangan seperti itu di lapas dan rutan di DKI Jakarta,” ujar Libertty membantah video pesta narkoba itu.

Namun siapa terpidana itu tidak dijelaskan Libertty Sitinjak. Dari penjelasan itu terlihat anggota dewan manggut-manggut, seolah-olah dapat menangkap makna dibalik aksi demonstrasi itu dan memaklumi penjelasan Kakanwil itu.

Ada beberapa pertanyaan yang diajukan anggota DPR namun atas kesepakatan bersama karena waktu terbatas, maka hanya dua pertanyaan yang harus dijawab secara langsung oleh Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta Libertty Sitinjak, sementara yang lainnya bisa dijawab melalui surat.

Bahkan anggota dewan dari fraksi Partai Nasdem Eva Yuliana mengapresiasi kinerja Kakanwil DKI Jakarta karena dapat predikat WBK dari Menpan-RB.

Ketua Tim Dewan Ahmad Sahroni kepada wartawan mengatakan akan mendorong pemerintah agar segera memberikan vaksin kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). “Kita akan mendorong pemerintah agar mengutamakan Warga Binaan Pemasyarakatan mendapatkan vaksin. Mereka (WBP) juga bagian dari kita. Mereka harus menjadi prioritas setelah para medis,” ujar Sahroni sebagai program prioritas dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

THOMSON

Share.

About Author

Leave A Reply