Calgohat Dandim 0731/Kulon Progo Sekaligus Berbagi Masker Untuk Warga

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KULON PROGO –  Komandan Kodim 0731/Kulon Progo Letkol Inf Yefta Sangkakala, S.Sos., beserta Danramil dan anggota, melaksanakan Mancal Kanggo Sehat dengan rute Makodim- Wates-Bendungan-Triharjo-Makodim.

Calgohat kali ini jarak tempuh tidak terlalu jauh, tidak berbekal makanan maupun minuman, akan tetapi membawa semangat sehat dan sejumlah masker untuk dibagikan kepada warga sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan mereka di masa pandemi Covid-19.

Sebelum start Dandim menyampaikan kepada peserta Calgohat, bahwa kegiatan pagi ini kita laksanakan untuk menjaga imun tubuh dan sekaligus pendisiplinan protokol kesehatan terutama pemakaian masker kepada warga sekitar.

Setelah meninggalkan Makodim, Dandim beserta rombongan berhenti di Pasar Wates, untuk melakukan pemantauan dan pendisiplinan pemakaian masker terhadap pedagang, pengunjung dan tukang parkir serta pengguna jalan di kawasan pasar tersebut. Kenyataan yang ditemui, masih banyak warga yang tidak memakai masker dalam aktifitas di pasar. Sebagai wujud kepedulian, Dandim memberikan masker untuk segera dipakai dan menghimbau agar patuhi protokol kesehatan.

“Pagi ini kita melaksanakan Calgohat (Mancal Kanggo Sehat) sekaligus membagi masker kepada masyarakat di sekitar Wates. Kita selalu mengingatkan kepada masyarakat di masa pandemi sekarang ini untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan diantaranya memakai masker, cuci tangan, menjaga jarak dan hindari kerumunan. Tetap Semangat Salam Sehat Untuk Indonesia” tutur Dandim sambil menggenjot sepedanya menuju Pasar Bendungan.

Kerumunan massa terlihat di BRI Bendungan, dimana banyak warga yang antri untuk mengambil bantuan, tidak memperhatikan jaga jarak, hal tersebut rawan terhadap penularan Covid-19. Melihat kejadian tersebut Dandim langsung menemui pimpinan bank dan dengan tegas menyampaikan agar pelayanan dihentikan apabila warga tidak mematuhi protokol kesehatan.

“Jangan sepelekan Covid-19 karena kalau sampai tertular kita sendiri yang rugi, pakai masker, jaga jarak dan jangan berkerumun” pesan Dandim dengan tegas kepada warga.

Pemantauan dan pendisiplinan dilanjutkan dengan patroli keliling Pasar Bendungan. Dengan sasaran para pedagang, pengunjung dan tukang parkir pasar tersebut, Dandim beserta rombongan tak henti-hentinya menghimbau agar mereka tetap memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Perjalanan dilanjutkan untuk kembali menuju Makodim dengan melintasi jembatan Bendungan dan tanggul sungai Serang. Segenap pekerja kebersihan jalan tak luput dari pantauan karena ditemukan mereka tidak memakai masker. Dandim beserta rombongan selanjutnya membagikan masker untuk dipakai dan memberikan edukasi pentingnya memakai masker saat aktifitas di luar rumah dan melaksanakan cuci tangan dengan sabun, jaga jarak dan hindari kerumunan. *“Tetap Semangat Salam Sehat Untuk Indonesia”.*

Sumber : Pendim 0731/KP.

Share.

About Author

Leave A Reply