Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tapin

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA  – Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, membawa Presiden Joko Widodo dan rombongan terbatas menuju Provinsi Kalimantan Selatan dalam rangka kunjungan kerja, pada Kamis (18/2/2021) pagi.

Setibanya rombongan Kepala Negara di Pangkalan TNI AU Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, langsung melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Tapin dengan helikopter Super Puma TNI AU.

Presiden Jokowi diagendakan akan meresmikan sekaligus meninjau Bendungan Tapin di Desa Pipitak Jaya, Kabupaten Tapin. Tidak hanya itu, kunjungan kerja Kepala Negara ke Kalsel juga akan menijau relokasi rumah warga yang terdampak pembangunan bendungan tersebut.

” Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim hari ini saya resmikan Bendungan Tapin di kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan,” kata Presiden Joko Widodo di Bendungan Tapin, Kalimantan Selatan pada Kamis (18/2/2021).

Menurut Presiden Jokowi, bendungan sudah mulai dibangun sejak 2015 dan menghabiskan anggaran Rp986 miliar.”Ini hampir Rp1 triliun dan memiliki kapasitas 56,7 juta meter kubik air yang perannya sangat penting dalam pengendalian banjir, juga perkuat ketahanan pangan karena bisa menyediakan irigasi untuk 5.472 hektare dan menyediakan air baku 0,5 meter kubik per detik,” ungkap Kepala Negara.

Bendungan itu juga dapat menghasilkan tenaga listrik 3,3 Megawatt.

Selepas rangkaian acara, Presiden bersama rombongan terbatas akan langsung kembali menuju Jakarta.

Dalam kunjungan kerjanya, Presiden Jokowi  didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

RED

#Humas Kemensetneg

Share.

About Author

Leave A Reply