Sekda Gowa Ditunjuk Jadi PLH Bupati

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, MAKASSAR — Surat Tugas Plh Bupati telah diserahkan oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah kepada Sekretaris Daerah (Sekda) masing-masing kabupaten, di Kantor Gubernur, Jalan Urip Sumoharjo, Rabu, (17/2/2021).

Salah satunya Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Gowa Hj Kamsina ditunjuk jadi Pelaksana harian (Plh) Bupati.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sulsel, Hasan Basri Ambarala, mengatakan bahwa terdapat 10 Sekda kabupaten yang diberi surat tugas.

“ Sepuluh. Jadi bukan SK, tapi surat tugas. Untuk mengisi, adakan namanya vakum of power. Tidak boleh kan terjadi namanya vakum of power. Pukul 00.00 sebentar harus ada Plh Bupati, untuk menghindari vakum of power,” jelasnya seperti yang dilansir Fajar.co.id.

Ke 10 Kabupaten tersebut meliputi, Maros, Gowa, Bulukumba, Barru, Pangkep, Luwu Utara, Luwu Timur, Tana Toraja, Soppeng, Kepulauan Selayar.

Kota Makassar tidak masuk karena masih dijabat Pj. Sedangkan Toraja Utara, masa jabatan Bupatinya belum selesai.

Saat ditunjuk mengisi kekosongan posisi orang nomor satu Pemkab Gowa, mantan Camat Pallangga mengaku tidak ingin banyak berencana.

Sebab, ia hanya bertugas mengisi kekosongan jabatan dan tidak punya kewenangan untuk keputusan-keputusan tertentu.

“Saya tidak perlu terlalu banyak berencana karena hanya mengisi kekosongan. Jadi yang prinsip tidak boleh dilakukan, ini hanya mengisi kekosongan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Selatan telah menegaskan bahwa jika pelantikan 17 Februari belum bisa dilakukan, maka Sekda masing-masing kabupaten/kota akan diangkat untuk menjabat sementara.

BACHTIAR BARISALLANG

Share.

About Author

Leave A Reply