Pemda Segera Tuntaskan Sertifikat Semua Aset

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, BONDOWOSO – Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso segera menuntaskan keseluruhan sertifikat aset daerah. Hal itu dikatakan oleh Pj. Sekda Bondowoso Sukaryo, usai mengikuti rapat koordinasi aset dan pengamanan aset di Pendapa, Senin (15/2/2021).

Menurut Sukaryo, aset yang terdata oleh pemerintah daerah sekira 2638 bidang tanah. Sementara yang sudah bersertifikat masih mencapai 938 bidang.

” Data yang ada di Bondowoso, aset yang tercatat 2638 bidang. Sisa yang belum bersertifikat sekira 1700 bidang,” kata Sukaryo di Pendapa.

Sukaryo menyampaikan aset merupakan urusan koordinatif yang dikomandani oleh Komisi pemberantasan korupsi (KPK). Langkah itu untuk mengantisi semua aset di daerah tidak hilang. Sehingga, semua aset yang ada di daerah harus segera di sertifikat.

“Target yang harus dipenuhi, 3 tahun dari sekarang semua aset sudah bersertifikat,” ujarnya.

Dijelaskan Sukaryo, dampak terburuk ketika tanah aset tidak segera di sertifikat adalah penguasaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Mereka yang sudah lama menempati aset, akan mengaku tanah tersebut merupakan milik pribadi.

“Banyak tanah di Kabupaten atau kota, tanah dikuasai oleh masyarakat. Sehingga pada akhirnya sulit untuk merelokasi mereka. Mumpung belum dikuasai oleh pihak lain, maka diminta untuk segera disertifikat,” jelasnya.

SHODIQ

Share.

About Author

Leave A Reply