Widya: Stok Darah Menipis Warga Depok Diharapkan Sukarela Donor Darahnya

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA DEPOK — Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Depok, Widya Astriyani membenarkan, bahwa hampir seluruh jenis golongan darah, di tempat penyimpanan stoknya sudah menipis. Khususnya untuk golongan AB yang hanya tinggal tiga labu tersimpan.

” Maka, kami mengimbau warga supaya bisa mendonorkan darahnya. Karena di kami sudah menipis dan banyak permintaan dari rumah sakit,” ujar Widya, Rabu (20/1/21), di kantor PMI Kota Depok, Jawa Barat.

Dia menyebutkan, bahwa permintaan darah tidak hanya dari Kota Depok saja, tetapi juga dari luar daerah, seperti Jakarta, Bogor dan sebagainya. “Kami tidak bisa menolak permintaan tersebut atas dasar kemanusiaan. Kebutuhan darah sebagian besar untuk pasien positif Covid-19 yang parah,” ucap Widya.

Menurutnya, bahwa pihaknya tidak bisa menolak permintaan akan kebutuhan darah. “Siapa pun yang meminta, tidak bisa kita tolak. Sekarang yang terpenting kebutuhan stok darah. Jumlah stok darah hari ini pukul 08.32 WIB, tersisa golongan darah A tujuh labu, B sembilan labu, AB tiga labu dan O 10 labu. Jumlah ini terus menurun seiring meningkatnya permintaan,” tutur Widya.

Widya juga menambahkan, bahwa masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya, bisa datang langsung ke Markas PMI Kota Depok, di Jalan Boulevard Raya, Grand Depok City (GDC). Jam operasionalnya masih sama dengan hari biasa yaitu pukul 08.00 – 20.30 WIB.

“Jadi, jika warga yang ingin mendonorkan darahnya, bisa datang di jam tersebut ke Markas PMI Kota Depok. Harapan kami, masyarakat mau datang langsung dan secara sukarela mendonorkan darahnya,” imbuhnya.

MAULANA SAID

Share.

About Author

Leave A Reply