Bocorkan Rahasia Nasabah, BRI Digugat Ke Pengadilan Tangerang

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA TANGERANG – Dugaan bocornya rahasia nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Tangerang City Kota Tangerang, Provinsi Banten berbuntut panjang, akibat dari bocornya informasi berupa print out rekening koran nasabah tersebut, kini BRI di gugat ke Pengadilan Negeri Tangerang dengan gugatan Perbuatan Melawan Hukum.

Adapun nasabah BRI Cabang Tangerang City yang merasa dirugikan akibat data banknya berupa print out rekening koran yang berada di pihak lain yang diduga dibocorkan oleh pihak BRI yaitu Ray Shakti Purba dengan nomor rekening 0144010151995xx dan istrinya Junnita Sripiani BR dengan nomor rekening 0438010334205xx.

Ray Shakti dan Junnita istrinya mengetahui bahwa rekening koran atas nama mereka ada pada pihak lain yaitu Hatma Sihombing tepatnya pada tanggal 24 Agustus 2020, dimana Hatma Sihombing memberitahu dan memperlihatkan rekening koran mereka masing masing pada saat pertemuan di Kantor Kepolisian Sektor Kota Tangerang.

Atas kejadian tersebut diatas, Ray Shakti Purba melalui Kuasa Hukumnya, Ranop Siregar, S. H., M. H., menggugat BRI Cabang Tangerang City dengan nomor perkara 1110/Pdt.G/2020/PN Tng. BRI Cabang Tangerang City sebagai tergugat I, sedangkan Hatma Sihombing sebagai tergugat II.

Dalam dua kali persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Tangerang, BRI sebagai Tergugat I belum pernah menghadiri sidang, walaupun Relaas panggilan sudah dikirimkan, sedangkan Hatma Sihombing sebagai Tergugat II menghadiri persidangan yang diwakili oleh Kuasa Hukumnya, dan sidang akan dilanjutkan tanggal 12 Januari 2021.

Ranop Siregar, S. H., M. H., selaku Kuasa Hukum Ray Shakti Purba selaku penggugat mengatakan, “ketentuan perbuatan melawan hukum yang dilakukan Tergugat I dalam hal ini Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Hatma Sihombing Tergugat II, diatur dalam Pasal 1365 KHUPerdata dan Pasal 1 angka 28, pasal 47, Undang Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan yang menyebutkan, “Rahasia Bank adalah segala sesuatu yang berhubungan mengenai Nasabah Penyimpan dan Simpananya.

Ranop menambahkan, “dalam Pasal 40 Undang Undang yang sama yaitu Undang – Undang Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan atas Undang – Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan mengamanatkan, “Bank Wajib merahasiakan keterangan mengenai nasabah penyimpan dan simpananya kecuali dalam hal kepentingan perpajakan, peradilan, izin Bank Indonesia, persetujuan nasabah dan permintaan ahli waris sah dari nasabah”, jelas Ranop kepada Wartawan.

RODI SITIO

Share.

About Author

Leave A Reply