Pilkada Pangkep 2020, Kilas Balik Perjalanan Rahman Assegaf-Muammar Muhayang

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, MAKASSAR  –  Hope atau harapan mungkin itulah kata yang tepat untuk menggambarkan proses perjalanan Abdul Rahman Assegaf untuk maju sebagai Bupati Pangkajene dan Kepulauan di pilkada Pangkep 2020.

Namun ada perjalanan panjang yang harus dilalui oleh Bang Togaf begitu Rahman kerap disapa, sebelum sampai titik ini. Dimulai dari mendaftar diberbagai penjaringan partai politik.

10 November 2019, Tag line Harapan Bersama lahir dari 2 pemikiran seorang Abdul Rahman Assegaf. Hal ini juga sebagai langkah awal bagi Rahman untuk memantapkan kesiapannya sebagai calon Bupati Pangkep dengan visi “Pangkep Emas 2020”, Efektif, Efisien, Mandiri, Adil dan Sejahtera.

Perjuangan Alumni SMA NEG 1 Makassar ini tak sendirian, di lain tempat Muammar Muhayang nampak memulai memanaskan mesinnya menuju pilkada dengan memperkuat militansi Banteng Muda Indonesia (BMI) Pangkep yang merupakan basisnya bersama anak- anak milineal Pangkep. Muammar mengusung Tagline “Magello Mentong”, tak main-main simpatisan tim Magello Mentong terus memberikan dukungan secara total kepada Muammar Muhayang.

Salah satu buktinya dengan menyetor berkas pencalonan Muammar ke kantor PDIP Pangkep. Manuver politik Muammar menunjukkan reaksi Adul Rahman Assegaf, yang masih mencari pendamping sebagai wakilpun membidiknya, selain itu ia juga merasa memilki kedekatan emosional dengan sosok Muammar. Kedekatan ke 2 figur ini semakin nampak dalam peta politik di Pangkep yang semakin santer di isukan untuk berpasangan.

Sampai pada akhirnya kesamaan visi dan pikiran menyatukan Abdul Rahman Assegaf dan Muammar Muhayang sebagai pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Pangkep yang ditegaskan dengan nama “RAMAH”, sebuah akronim dari kedua nama mereka.

Tanpa menunggu waktu yang lama, “Ramah” langsung tancap gas dengan meresmikan rumah perubahan, sebuah rumah yang ditujukan untuk Pangkep Emas yang Magello Mentong.

Disinilah titik baliknya, saat pasangan Ramah semakin yakin ikut dalam contestasi pilkada. Dukungan dari Partai Politik pun datang satu persatu, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang pertama yang mengusung pasangan ini dengan memberikan rekomendasi.

Setelah PPP, PDIP yang sudah sangat dekat dengan Muammar, ikut memberikan rekomendasi bakal pasangan calon menyusul Partai Demokrat juga ikut memberikan rekomendasi yang diserahkan langsung oleh sang ketua Umum, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada 29 Juli 2020. Terakhir Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang turut bergabung di gerbong RAMAH, yang juga memberikan surat rekomendasinya.

Dengan demikian, syarat minimal 7 kursi sudah dipenuhi oleh pasangan Ramah. Perjalanan Ramah juga terbilang unik karena dukungan tidak hanya datang dari Parpol saja, tetapi juga dari kerabat dekat lawan politik salah satu Paslon, yaitu Gatot Sammana.

Setelah seluruh dukungan dari Parpol telah dirampungkan, “Ramah” akhirnya mendeklarasikan diri untuk maju pada Pilkada Pangkep, Minggu 3 Agustus 2020 di gedung Mutiara bersama para partai pengusung dan pendukung.

Hari bersejarah yang ditunggu-tunggu telah tiba. 4 September 2020 Abdul Rahman Assegaf dan Muammar Muhayang resmi mendaftarkan diri ke KPU Pangkep dengan simpatisan dan seluruh Parpol pengusung untuk berkontestasi pada Pilkada Pangkep 2020.

Rahman sangat bersyukur karena seluruh elemen pendukung siap berjuang bersama-sama memenangkan “Ramah”. Tercatat puluhan ribu warga Pangkep juga turut mengantar Ramah mendaftar ke KPU. Hal ini menunjukkan dukungan yang begitu besar datang dari masyarakat Pangkep.

24 September 2020, “Ramah” kembali menyambangi KPU Pangkep untuk pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon, pada hari itu RAMAH mendapatkan nomor urut 2, yang tentunya juga memilki arti dan makna tersendiri bagi Ramah, karna sudah sesuai dengan Visi-Misi Ramah, yang mana huruf ‘R’ nya adalah Religius, Habluminallah dan ‘H’ nya Humanis Habluminnas.

Kini elektabilitas, popularitas dan akseptabilitas yang dimiliki pasangan murah senyum ini sulit terbendung, sehingga salah satu tim survei meyakini, pasangan calon nomor urut 2 ini dapat memenangkan pertarungan politik pada 9 Desember tahun ini.

BACHTIAR BARISALLANG

Sumber : Tim Media RAMAH

Share.

About Author

Leave A Reply