Gelar Sosialisasi Cagar Budaya, Ini Kata Kabid Pelestarian Sejarah dan Tradisi Cagar Budaya Kota Makassar

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, MAKASSAR –  Kegiatan Sosialisasi undang-undang No 11 tahun 2010 tentang cagar budaya, digelar di Hotel Grand Celino Makassar, Kamis (3/12).

Sosialisasi bertema “Cagar Budaya adalah Warisan dan Identitas Bangsa”, diikuti oleh peserta pegiat dan pelestari cagar budaya, para birokrat pemerintah kota Makassar, budayawan, sejarawan, pemilik dan pengelola bangunan cagar budaya, Ketua LPM, Camat, Lurah, juga dari beberapa Kepala sekolah yang ada di kota Makassar.

Sosialisasi diadakan oleh Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Kebudayaan. Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar, Taufiek Rachman, dalam sambutannya, berharap, pengembangan dan pemanfaatan Cagar Budaya bisa menumbuhkan kreativitas sehingga melahirkan produk-produk kreatif yang mampu menggerakkan perekonomian masyarakat. Semua itu pada akhirnya akan bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

“Kami berharap masyarakat bisa lebih menjaga kelestarian cagar budaya, ini adalah bagian dari perjalanan bangsa. Kemajuan teknologi bersumber dari cagar budaya yang dulu dan kesejarahan daerah itu sendiri,” ujar Taifiek.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelestarian Sejarah dan Tradisi Cagar Budaya Dinas Kebudayaan Makassar, Abd Rahman Kuba selaku inisiator kegiatan ini mengatakan sosialisasi tersebut bertujuan untuk merangkul masyarakat agar dapat menjadikan Cagar Budaya sebagai sumber inspirasi, ruang berekspresi, dan wahana melestarikan tradisi.

“Sosialisasi ini juga dimaksudkan untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat seluas-luasnya khususnya para pemegang kebijakan kegiatan yang berkaitan dengan kebijakan yang mengatur upaya pelestarian cagar budaya di Kota Makassar,” ungkapnya pada RadarOnline.id, usai membawakan materi pada kegiatan tersebut.

Tampak Hadir sebagai narasumber, Ketua Komisi D DPRD Kota Makassar Abd Wahab Tahir, Tim Ahli Cagar budaya Dinas Kebudayaan Makassar, Muslimin Efendy serta dipandu oleh moderator, Muh Ridwan.

Diketahui, sosialisasi tentang cagar budaya ini diselenggarakan selama dua hari, mulai tanggal 3 hingga 4 Desember 2020.

BACHTIAR BARISALLANG

Share.

About Author

Leave A Reply