Aksi Bhakti Sosial Donor Darah Kodim 0105/Abar Sambut Hari Juang TNI-AD

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, ACEH BARAT  –  Dalam rangka menyambut Hari Juang TNI – AD yang jatuh pada tanggal 15 Desember, Kodim 0105/Abar melaksanakan aksi Bhakti Sosial (Baksos) donor darah di Aula Makodim Jalan lmam Bonjol Desa Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan, Kamis (3/12).

Kegiatan donor darah kali ini bekerjasama dengan para medis Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) dan Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umun Cut Nyak Dien yang melibatkan pendonor dari unsur TNI, Polri, lbu Persit, Hipakad dan FKPPI serta masyarakat wilayah Aceh Barat.

Sebelum mendonorkan darahnya, si pendonor melaksanakan prosedur rapid test terlebih dahulu sebagai langkah awal diagnosis tidak terpapar Virus Covid – 19. Dimana rapid test antibodi di lakukan oleh Labkesda dengan cara mengambil sampel dari ujung jari yang kemudian diteteskan ke alat rapid test. Selanjutnya, cairan untuk menandai antibodi akan diteteskan di tempat yang sama dan hasilnya berupa garis yang akan muncul dalam kurun waktu 10 hingga 15 menit setelahnya. Apabila hasilnya non reaktif, maka para pendonor melanjutkan pengecekan tekanan darah (tensi) dan HB darah oleh petugas medis Unit Transfusi Darah (UTD). Jika dinyatakan sehat dan memenuhi syarat, maka pendonor akan diambil darahnya.

Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera S.Sos M.A.P, saat di lokasi mengatakan, bahwa kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Juang TNI – AD sebagai penghormatan dan mengenang Pertempuran Ambarawa yang mana “Peristiwa Palagan Ambarawa merupakan simbol kemanunggalan TNI – AD dengan Rakyat”.

“Berangkat dari peringatan tersebut, hari ini Kodim Aceh Barat menggelar donor darah sebagai wujud kepedulian keluarga besar TNI terhadap masyarakat dengan memberikan sumbangsih kepada sesama yang membutuhkan pertolongan. Saya yakin, sekecil apapun nilai kebaikan yang kita berikan, setetes darah yang kita sumbangkan secara suka rela dapat berfungsi dan bermanfaat bagi saudara kita yang membutuhkan”, terang Dandim Dimar

Selanjutnya, donor darah ini juga sebagai antisipasi kekurangan stock darah di Palang Merah lndonesia (PMl) dan Rumah Sakit Umum Cut Nyak Dien akibat pandemi Covid – 19, sambung Dandim yang turut menyumbangkan darahnya.

Pantauan di lokasi, selama aksi donor darah ini tetap menerapkan protokol kesehatan dimana seluruhnya wajib menggunakan masker, cuci tangat, jaga jarak hingga cek suhu badan. Dari 200 orang yang mendonor, terkumpul 100 kantong darah.

RED

Share.

About Author

Leave A Reply