Tahun Ke-8, Lazada Kembali Gelar Festival Harbolnas 12.12

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, SURABAYA – Tiga Hari Belanja Online Nasional (Garbolnas) Lazada akan berlangsung tanggal 12-14 Desember 2020 dengan berbagai program menarik bagi sellers dan konsumen.

Lazada dan idEA kembali menggelar webinar edukasi yang bertajuk “Road to Harbolnas 2020: Cara Jitu Raih Transaksi Berlimpah” untuk membantu para pelaku UMKM yang berekspansi di jalur online, agar dapat menjalankan usahanya secara efektif dan meraih kesuksesan.

Menurut, data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyebutkan, pertumbuhan UMKM yang membuka toko online bertumbuh dari 8 juta di tahun 2019 menjadi 9,4 juta di tahun 2020 ini,

Namun, salah satu momentum penting bagi penjual di platform online untuk meningkatkan penjualan adalah Festival Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 yang kini memasuki tahun ke-8.

Harbolnas merupakan puncak festival belanja online di Indonesia, sekaligus ajang terbesar bagi pelaku UMKM di eCommerce untuk meningkatkan penjualan mereka hingga berkali lipat, dengan memberikan berbagai promo yang menarik bagi para konsumen.

Disampaikan, Arshi Adini selaku Executive Director idEA, di tahun 2020 ini, terdapat lebih dari 250 platform online yang mendaftar dalam festival belanja online Harbolnas yang dikawal oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA).

“Data dalam dua tahun terakhir menunjukkan festival Harbolnas berhasil menaikkan transaksi hingga 200%, dengan adanya pertumbuhan signifikan dalam kegiatan jual-beli online melalui Harbolnas memberikan ruang yang besar bagi para pelaku UMKM untuk tumbuh dan mendapat manfaat langsung berupa berbagai promo dari perbankan dan platform ecommerce maupun logistik di masa pandemi,” kata Arshi Adini.

Harbolnas, kata Arshi, diharapkan dapat membantu roda perekonomian dengan mendorong daya beli konsumen dengan penawaran khusus, dan juga meningkatkan transaksi para pelaku usaha online di E-Commerce, termasuk para pelaku UMKM ini.

Setelah mempelopori Harbolnas di tahun 2012 lalu, kali ini Lazada kembali memperkenalkan konsep festival belanja Garbolnas atau Tiga Hari Belanja Online Nasional. Salah satu pendorong Garbolnas adalah komitmen Lazada dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Lazada sebagai upaya untuk menstimulasi perekonomian digital.

 

Haikal Bekti Anggoro, SVP Traffic Operations & Sellers Engagement, Lazada Indonesia menjelaskan, Lazada mempersiapkan sellers untuk menghadapi festival belanja akhir tahun 2020 Garbolnas ini dengan berbagai kegiatan. Selain melalui kegiatan rutin Lazada Club, seperti LazNongkrong, dan juga workshop dengan komunitas-komunitas sellers di kota-kota tujuan secara online.

“Kami juga kembali mengadakan acara sellers tahunan kami, Sellers Conference: Lazada Level Up di bulan September lalu secara online dan diikuti oleh lebih dari 12.500 sellers dari seluruh Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa minat untuk menjadi sellers online sangat tinggi, terutama di tahun ini,” jelas Haikal Bekti Anggoro.

Salah satu misi Lazada, lanjut Haikal, adalah untuk memberdayakan bisnis UMKM agar mendapatkan manfaat, baik keuntungan bisnis, maupun manfaat sosial bagi lingkungan sekitarnya. Salah satunya adalah tentu mendorong pergerakan roda perekonomian dengan melibatkan konsumen untuk berbelanja produk-produk UMKM tersebut”, papar Haikal.

Tak hanya itu, kata Haikal, bahwa tidak ada cara yang baku untuk dapat sukses berjualan online. Yang paling penting adalah untuk selalu berani mencoba hingga menemukan ramuan sukses yang tepat dan efektif untuk masing-masing toko. Walau demikian, Haikal menyimpulkan bahwa ada tiga area penting yang perlu diperhatikan oleh seller apabila ingin sukses berjualan online yaitu konten promosi dan interaksi dengan konsumen.

Aseel Abri, menambahkan bahwa ia memutuskan untuk tidak hanya mengikuti berbagai kampanye belanja yang diadakan dan memberikan berbagai promo dan hadiah menarik bagi konsumen, namun demi meraih sukses, ia memastikan komunikasi yang baik, cepat dan tepat dengan konsumen.

“Bagi saya, hal tersebut merupakan salah satu cara paling baik untuk mendapatkan kepercayaan konsumen, yang kemudian menjadikan toko saya sebagai top of mind mereka. Hal tersebut sejauh ini terbukti paling efektif membantu saya untuk mengembangkan usaha, bahkan bisa menjadi salah satu Top Sellers di Lazada,” tutup Aseel Abri.

HOLD

Share.

About Author

Leave A Reply