Netralitas Irjen Kemendagri RI Dipertanyakan Pospera Jember

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA  –  Ketua DPC Pospera (Posko Perjuangan Rakyat) Jember, Rickhardo Hasudungan Tumanggor mempertanyakan peran dan campur tangan Tumpak Haposan Simanjuntak sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI dalam mutasi 366 pejabat Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Ketua ormas yang kerap disapa Ricky itu melihat ada kejanggalan dalam mutasi jabatan tersebut.

” Karena sepengetahuan saya, seluruh pegawai ASN wajib menjaga netralitas, soliditas dan jiwa korps dalam menyikapi situasi politik yang ada agar tidak terpengaruh untuk melakukan kegiatan yang mengarah pada keberpihakan dan ketidaknetralan,” tegas Ricky.

Sesuai dengan Pasal 13 Angka 13, PP 53/2010 bahwa hukuman disiplin berat dijatuhkan bagi pelanggaran terhadap larangan memberikan dukungan kepada calon kepala daerah/wakil kepala daerah, dengan cara menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatan dalam kegiatan kampanye dan/atau membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon selama masa kampanye.

“Saya tidak mengerti sebenarnya ini disengaja untuk memperkeruh keadaan politik atau ketidakpahaman Inspektur Jenderal Kemendagri dalam memahami keputusan bersama Menpan RB, Mendagri, Kepala BKN, Ketua KASN dan Ketua Bawaslu RI tentang Pedoman Pengawasan Netralitas Pegawai Aparatur Sipil Negara dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020,” papar Ricky.

“Ini perlu dipertanyakan, Irjen Kemendagri itu ASN apa bukan. Kalau dia ASN seharusnya tidak merekomendasi untuk mengadakan pelantikan pejabat di saat masa kampanye. Mendagri harus memerintahkan Satgas Pengawasan Netralitas Pegawai ASN untuk memeriksa indikasi ketidaknetralan ini. Kalau tidak diperiksa ini jadi preseden buruk bagi netralitas ASN di seluruh Indonesia,” tukas alumni aktivis pers mahasiswa Jember itu.

“Kalaupun itu Riksus dan harus dilaksanakan, masa kampanye seperti saat ini jelas sangat politis. Ini indikasi ketidaknetralan yang saya maksud,” tandasnya.

YEN

Share.

About Author

Leave A Reply