HOT

BRI Cabang Tangerang City Diduga Bocorkan Rahasia Nasabah

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA TANGERANG – Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Tangerang City diduga bocorkan rahasia nasabah bank yaitu dengan memberikan rekening koran nasabah kepada pihak lain yang tidak ada kaitan dengan pemilik nomor rekening atau nasabah itu sendiri.

Adapun nasabah BRI Cabang Tangerang City yang merasa dirugikan akibat data banknya diduga dibocorkan oleh pihak BRI yaitu Ray Shakti Purba dengan nomor rekening 0144010151995xx dan istrinya Junnita Sripiani BR dengan nomor rekening 0438010334205xx.

Bocornya rahasia bank tersebut baru diketahui oleh Ray Shakti dan Junnita istrinya tepatnya pada tanggal 24 Agustus 2020, dimana Hatma Sihombing memberitahu dan memperlihatkan rekening koran mereka masing masing pada saat pertemuan di Kantor Kepolisian Sektor Kota Tangerang.

Atas pernyataan yang disampaikan Hatma, Ray Shakti dan istrinya ingin memastikan hal tersebut dengan mendatangi BRI Cabang Tangerang City untuk melakukan konfirmasi tepatnya pada tanggal 29 Agustus 2020, melalui customer service, BRI mengakui telah memberikan rekening koran sepasang pasangan suami istri tersebut atas adanya permintaan Hatma Sihombing.

Akibat bocornya rahasia bank tersebut, klien kami mengalami kerugian secara materil dan immateril, ujar Ranop Siregar, S.H., M.H selaku Kuasa Hukum dari Ray Shakti Purba dan Junnita Sripiani BR.

Ranop mengatakan, “apa yang dilakukan oleh BRI jelas bertentangan dengan Pasal 40 Undang – Undang Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan atas Undang – Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan yang mengatakan, Bank Wajib merahasiakan keterangan mengenai nasabah penyimpan dan simpananya kecuali dalam hal kepentingan perpajakan, peradilan, izin Bank Indonesia, persetujuan nasabah dan permintaan ahli waris sah dari nasabah.

Ranop menambahkan, “kami sudah melayangkan Somasi ke BRI Cabang Tangerang City, dan dalam waktu dekat ini kami berencana akan melaporkan hal ini ke Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan juga kepada pihak Kepolisian untuk dilakukan penyelidikan.

Karena tindakan membocorkan rahasia nasabah merupakan tindakan yang melanggar hukum sebagimana disebutkan dalam Pasal 47 Undang – Undang Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan atas Undang – Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan yang menyebutkan bahwa, “Anggota Dewan Komisaris, Direksi, Pegawai Bank atau terafiliasi lainya yang dengan sengaja memberikan keterangan yang wajib dirahasiakan menurut pasal 40, “diancam dengan pidana penjara sekurang kurangnya 2 (dua) tahun dan paling lama 4 (empat) tahun serta denda sekurang kurangnya Rp. 4.000.000.000,. (empat miliar rupiah) dan paling banyak Rp. 8.000.000.000,. (delapan miliar rupiah), jelas Ranop kepada RadarOnline.id.

Ketika hal ini hendak dikonfirmasi oleh RadarOnline.id, ke pihak BRI Tangerang City, Rabu (11/11/2020) Satpam, yang setelah menemui Supervisor Costumer Service mengatakan, “untuk mendapatkan rekening koran harus yang bersangkutan, dan tidak bisa diwakili tanpa ada persetujuan atau surat kuasa dari yang bersangkutan, ujar Satpam BRI ke awak media cyber ini.

RODI SITIO

Share.

About Author

Leave A Reply