BPKN Adakan Syukuran Kantor Baru di Menteng Jakarta.

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) menggelar syukuran atas penempatan kantor barunya yang berlokasi di Graha BPKN RI Jalan Jambu No. 32 Menteng Jakarta Pusat. Acara juga digelar secara virtual dengan mengundang para pejabat Kementerian / Lembaga, komisioner BPKN periode I sd periode IV, serta beberapa tokoh perlindungan konsumen.

Menteri Perdagangan dalam syukuran penempatan kantor baru BPKN, Agus Suparmanto menyampaikan, “Selamat atas terpilihnya Rizal E. Halim sebagai Ketua BPKN periode V, dan juga ucapan selamat kepada anggota BPKN yang baru. Semoga dengan pemerintahan baru, BPKN akan lebih bersemangat dalam menghasilkan saran dan pertimbangan yang sangat bermanfaat bagi pemerintah sebagai upaya mengembangkan perlindungan konsumen di
Indonesia ”.

Dalam laporan singkatnya, Rizal selaku Ketua BPKN menyampaikan, ”Kantor baru BPKN bisa menjadi harapan dan semangat baru bagi BPKN dalam menjalankan tugasnya tugasnya perannya untuk menghasilkan rekomendasi kebijakan perlindungan konsumen yang komprehensif, sinergis, aplikatif dan berkelanjutan”.

Rizal menambahkan, “Dalam 3 tahun kedepan arah BPKN akan difokuskan pada 3 isu fundamental untuk memberikan perlindungan kepada konsumen, yaitu penguatan kelembagaan, edukasi dan sosialisasi perlindungan konsumen secara massif dan intensif serta regulasi dan kebijakan perlindungan konsumen yang terkenal di sejumlah sektor dan daerah” .

Dalam acara syukuran ini juga dari beberapa tokoh yang memberikan ucapkan selamat atas penempatan kantor baru BPKN, doa dan harapan untuk kemajuan serta kemandirian BPKN agar ke depan lebih baik dalam memberikan masukan untuk kebijakan melalui rekomendasi yang dikeluarkan. Ucapan selamat melalui video secara virtual.

Sejak BPKN berdiri pada tahun 2004 sesuai Keppres RI No. 150 / M tahun 2004, BPKN berhenti kantor di Gedung Kementerian Perdagangan Jalan Ridwan Rais. Berbagai kebijakan untuk kepentingan kepentingan konsumen telah dihasilkan. Hingga akhirnya pada tahun 2020, tepatnya Rabu (11/2020), BPKN mencoba mandiri dengan memiliki gedung sendiri. Hal ini tentunya tidak terlepas dari dukungan dari berbagai pihak terutama kementerian perdagangan yang anggaran telah memberikan dukungan kepada BPKN. Kemandirian ini diharapkan dapat menjadi pemicu semangat baru agar ke depan BPKN dapat pula mandiri dalam anggaran sehingga berbagai kegiatan target dan program BPKN yang dicanangkan sesuai tugas dan fungsi BPKN dapat berjalan lebih optimal.

“Sejalan dengan momentum semangat hari pahlawan tahun ini, 10 November 2020, BPKN menjawab tantangan dengan meluncurkan aplikasi pengaduan berbasis android dan IOS. Aplikasi Informasi Pengaduan Berbasis Android & IOS ini merupakan sebuah aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh konsumen untuk mengadukan permasalahannya ketika bertransaksi dengan pelaku Usaha dalam pembelian barang / jasa. Aplikasi ini dapat digunakan pada sistem operasi perangkat android pintar seperti ponsel, tablet atau laptop yang saat ini digunakan di kalangan masyarakat, serta seluler karena bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun “.

Selain peluncuran aplikasi pengaduan berbasis Android dan iOS, BPKN juga memperkenalkan ruang untuk media yang dapat dipertanggungjawabkan oleh BPKN yang diberi nama Ruang Media.

Fungsi ruang media memberikan manfaat bagi media dalam membuat pemberitaan terkait perlindungan konsumen juga dapat digunakan untuk media podcast dengan mengangkat isu aktual yang terjadi di masyarkat terkait perlindungan konsumen. Harapannya ruangan tersebut bisa memudahkan BPKN mempublikasikan dan mensosialisasikan perlindungan konsumen.

“Upaya yang telah dilakukan BPKN semoga menjadi salah satu dasar BPKN dalam merumuskan kajian dan rekomendasi yang akan disampaikan kepada pemerintah sebagai perbaikan regulasi terkait perlindungan konsumen, serta meningkatkan sikap kritis konsumen dalam melakukan pengaduan dan haknya tidak terpenuhi,” pungkasnya.

EDISON MUNTHE

Share.

About Author

Leave A Reply