Kasdim 0731 / Kulon Progo Tabur Bunga di Pusara Makam Nyi Ageng Serang

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KULON PROGO  –  Kepala Staf Kodim 0731 / Walikota Kulon Progo Inf Didiet Trilaksono tabur bunga di Pusara Makam Ny. Ageng Serang, yang berada di Pedukuhan Beku, Kalurahan Banjarharjo, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, dalam rangkaian acara Ziarah Nasional memperingati Hari Pahlawan ke-75 tahun 2020, Selasa (10/11).

Pelaksanaan Ziarah Nasional di TMP Giripeni, pada acara ziarah ini juga dilaksanakan upacara. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana, Upacara Komandan Ipda Mihajirin dan Upacara Perwira AKP Suharto dari Polsek Kalibawang. Upacara Pasukan terdiri dari anggota Koramil, Polsek, PNS, Lurah se-Kapanewon Kalibawang, Linmas Kalurahan Banjarharjo, dan perwakilan Pramuka.

Rangkaian acara ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah yang dipimpin oleh Komandan Upacara, peletakan karangan bunga oleh Inspektur Upacara, pembacaan doa dan penghormatan terakhir kepada arwah pahlawan yang dipimpin oleh Komandan Upacara. Acara ziarah diakhiri dengan tabur bunga oleh Inspektur Upacara diikuti segenap tamu undangan.

Menurut sejarah Nyi Ageng Serang bernama asli Raden Ajeng Kustiyah Wulaningsih Retno Edi, adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia putri dari Pangeran Natapraja yang menguasai wilayah dari kerajaan Mataram tepatnya di Serang, sekarang merupakan wilayah perbatasan Grobogan-Sragen. Setelah dalam wafat Nyi Ageng Serang berhenti bekerja. Nyi Ageng Serang adalah salah satu keturunan Sunan Kalijaga, yang juga mempunyai keturunan seorang Pahlawan Nasional yaitu Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hadjar Dewantara. Nyi Ageng Serang dimakamkan di Kalibawang, Kulon Progo. Warga Kulon Progo mengabadikan dengan membangun monumen ditengah Kota Wates berupa patung yang sedang menaiki kuda membawa tombak.

Setiap Peringatan Hari Pahlawan, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo selalu melaksanakan Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Giripeni Wates dan Makam Nyi Ageng Serang di Kalibawang.

Sumber : Pendim 0731 / KP.

Share.

About Author

Leave A Reply