Bidang Peternakan Sentuh Daerah Pinggiran

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, BONDOWOSO –  Bidang Peternakan, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Bondowoso menggelar kegiatan pemeriksaan masal, sekaligus pengobatan gratis. Acara digelar di Dusun Biser Desa Gubrih, Kecamatan Wringin, Senin (2/11).

Kepala Bidang Peternakan, Murjana mengatakan kegiatan massal ternak yang dilakukan langkah untuk meningkatkan populasi ternak. Seluruh sapi yang dikumpulkan, diperiksa kebuntingan setelah dilakukan proses kawin Inseminasi Buatan (IB).

“Satu persatu kita periksa kebuntingannya. Ini adalah bagian dari proses kelahiran,” kata Murjana dilokasi pemeriksaan.

Murjana menerangkan, petugas IB mengalami kesulitan untuk menjangkau Biser. Sebab, Biser merupakan salah satu daerah di Bondowoso yang sulit akses transportasi. Apalagi pada musim hujan, medan menuju lokasi sangat licin. Sehingga, pelayanan kepada warga untuk memeriksa kandungan ternak sapi kurang maksimal.

“Kita melakukan jemput bola. Pilih Biser, karena itu salah satu wilayah yang sangat terpencil. Disana, pelayanan kurang maksimal,” ujar Murjana.

Selain melakukan pemeriksaan gratis, Bidang Peternakan memberikan obat – obatan kepada peternak. Pada kegiatan itu pula, para petugas melakukan bakti sosial, memberikan sejumlah bantuan berupa uang, pakaian layak pakai dan sembako kepada warga Biser. Langkah itu, akan membuat di beberapa daerah pinggiran. Seperti Kecamatan Botolinggo dan Cereme.

“Agar program kita di daerah pinggiran. Warga di daerah daerah terpencil, merasakan pelayanan yang sama,” terangnya.

Murjana menyampaikan, populasi ternak di seluruh Bondowoso saat ini mencapai sekira 229 ribu ekor. Tiap tahun, populasi itu mengalami peningkatan sekira 2,5 persen dari jumlah yang terdata. Pada tahun – tahun sebelumnya, Populasi terbanyak di Kecamatan cereme. Namun kini, polulasi mulai merata diseluruh Kecamatan.

“Kita ingin mencapai swasembada daging secara regional. Populasi ternak di Bondowoso masuk 10 besar di Jawa Timur. Ini yang harus kita jaga,” tutur Murjana.

SHODIQ

Share.

About Author

Leave A Reply