Kodim Kulon Progo Dukung Pelestarian Kesenian Daerah

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KULON PROGO –  Bertempat di Auditorium Gedung Taman Budaya Kulon Progo Jalan Kawidjo, Pengasih, Kulon Progo, digelar Festival Gejok Lesung tahun 2020, yang merupakan agenda rutin tahunan Kabupaten Kulon Progo, Senin (5/10) malam.

Festival Gejog Lesung bertujuan untuk melestarikan seni dan hiburan masyarakat, agar tidak tersisih seiring dengan kemajuan zaman. Gejok Lesung adalah seni dan budaya Jawa turun temurun, sehingga harus dipelihara dengan sebaik-baiknya oleh Pemda, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Pemerintah Kalurahan dan masyarakat. .

Pejabat hadir dalam acara tersebut Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kasdim 0731/Kulon Progo Mayor Inf Didiet Trilaksono, Wakapolres Kompol Darmawan, Kepala Dinas Kabudayaan dan Pariwisata Kulon Progo Danramil 11/Pengasih Kapten Inf Andik Setiawan, Kapolsek Pengasih Kompol Subroto, Panewu Pengasih, Lurah Pengasih dan segenap tamu undangan lainnya..

Karena masih dalam masa Pndemi Covid-19 festival digelar tanpa penonton tetapi disiarkan secara langsung/live streaming melalui media Youtube dengan “Chanel Dinas Kebudayaan Kulon Progo”. Acara dibuka oleh Bupati Kulon Progo diikuti oleh dua belas tim yang berasal dari dua belas Kapanewon se-Kabupaten Kulon Progo, dan dimeriahkan dengan Tari Terang Bulan oleh Polwan Polres Kulon Progo.

Festival rutin tahunan ini, sebagai upaya pemerintah daerah untuk nguri-uri budaya Jawa agar tetap terpelihara dan lestari keberadaannya serta sebagai sarana untuk memperkenalkan Seni Gejog Lesung kepada generasi millenial.

Sumber : Pendim 0731/KP.

Share.

About Author

Leave A Reply