Dandim Buka Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Tingkat Daerah 2020 Se Kabupaten Kutai Barat

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id,  KUTAI BARAT  –  Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Terpusat tingkat Daerah di wilayah Kodam VI/Mulawarman tahun 2020 dengan tema ”Melalui Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Terpusat Tingkat Daerah Membentuk Generasi Muda yang Berwawasan Kebangsaan dan Miliki Semangat Bela Negara”.

Kegiatan ini digelar di Kodim 0912/Kutai Barat yakni Kabupaten Kutai Barat (Kubar) dan diikuti 10 Koramil se Kubar.

Dandim 0912/Kutai Barat Letkol Inf.Anang Sofyan Effendy mengatakan, semoga dengan perkemahan ini dapat mendorong perkembangan dan kemandirian anak muda penerus bangsa. Kegiatan Pramuka ini untuk mempercepat keberhasilsn dalam upaya pembentukan karakter kaum muda yang baik serta sebagai calon pemimpin Bangsa pada masa yang akan datang,” ujar Anang Sofyan Effendy dalam sambutan nya, Sabtu (12/9).

Dirinya menambahkan, pada undang – undang dasar gerakan pramuka pasal 11 menyebutkan. Bahwa pendidikan kepramukaan termasuk dalam jalur pendidikan non formal sebagai salah satu pilar dalam sistem pendidikan nasional. Dipercaya dengan nilai-nilai gerakan pramuka, dalam pembentukan kepribadian yang berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup. “Untuk itulah pentingnya penghayatan dan pengamalan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka bagi segenap anggota Pramuka.” tegasnya.

“Melalui Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Terpusat Tingkat Daerah,Membentuk Generasi Muda Yang Berwawasan Kebangsaan Dan Memiliki Semangat Bela Negara, adalah tema yang sangat tepat pada kegiatan perkemahan ini, beber Dandim.

Dengan tema tersebut secara optimis gerakan pramuka akan berupaya untuk mandiri, berani dan percaya. Pada gilirannya akan menciptakan generasi – generasi muda yang tangguh, bibit- bibit unggul dimasa depan dalam rangka menyongsong Indonesia menjadi lebih baik. Tahun ini adalah momen yang tepat untuk menggelorakan semangat Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka yaitu, nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi keimanan, kejujuran, cinta tanah air, kasih sayang sesama mahluk, tolong menolong dan gotong royong dan bertanggung jawab. Kesederhanaan, suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan serta hormat kepada orang tua. Karena pada saat ini banyak peristiwa yang terjadi disekeliling kita yang berpotensi merusak akhlak generasi muda.” ujar Dandim lagi.

Dengan memilih Pramuka, sebagai kegiatan ektstra kulikuler adalah sudah sangat tepat. Karena dengan belajar formal saja tidak cukup, mengingat sangat terbatasnya waktu belajar. Untuk itu selaku Ketua Saja Wira Kartika cabang Kodim 0912 Kubar. Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang telah memberi bantuan. Terutama bagi Mabiran, Kwaran, juga Mabigus serta pembina satuan dan panitia penyelenggara sehingga suskesnya kegiatan ini, tegas Anang Sofyan.

Dengan masih meningkatnya pandemi Covis-19 “Masyarakat diharapkan mengikuti aturan dengan selalu menerapkan protokol kesehatan, yang dikawal jajaran TNI dan Polri. Kita putuskan rantai penyebaran covid-19. Dengan giatkan gerakan 3 M. Yaitu dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, mengingat pandemi ini adalah menjadi tanggung jawab kita semua, bukan hanya pemerintah saja, tutup Dandim 0912 Kubar Letkol Inf. Anang Sofyan Effendy.

Dari 10 Koramil yang mengikuti kegiatan perkemahan diantaranya, Koramil 0912-04 hingga 0912-13. Koramil Melak, Barong Tongkok, Long Iram, Damai, Muara Lawa, Bentian, Muara Pahu, Penyinggahan, Jempang dan Koramil Kecamatan Bongan dengan masing masing diwakili 5 peserta.

Sumber : Penrem 091/ASN

Share.

About Author

Leave A Reply