Bhakti Sosial dan Ceramah Agama Pancasila Gus Mitfah di HBA Ke-60

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Jaksa Agung (JA) RI. Dr, Burhanuddin SH. MH. didampingi Wakil Jaksa (WAJA) Agung RI Dr. Setia Untung Arimuladi, SH. MH. dan para Jaksa Agung Muda (Jam) dan beberapa pejabat eselon II melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial Serentak dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) dan Kejaksaaan Negeri (Kejari) seluruh Indonesia, bertempat di halaman parkir depan Sasana Andrawina Kejaksaan Agung RI, Rabu (15/7).

Jaksa Agung Muda Pembinaan (Jambin) selaku Ketua Umum Panitia Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-60 melalui Koordinator Bhakti Sosial dan Anjangsana Masyudi, SH. MH, melaporkan kepada Jaksa Agung RI dan menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan Bhakti Sosial Hari ini sebagai respon Kejaksaan atas kondisi sosial ekonomi masyarakat pada saat ini. Betapa luar biasanya dampak pandemi Covid-19 ini, tidak hanya mengancam kesehatan jiwa masyarakat banyak, namun juga telah membuat kondisi perekonomian bangsa menjadi semakin berat dan sulit.
Oleh karenanya, katanya, dalam memperingati HBA ke-60 tahun 2020, memfokuskan beberapa kegiatan yang berkenaan dengan bhakti sosial. Hal tersebut sejalan dengan tema HBA ke-60 yakni “Terus Bergerak dan Berkarya”, sebuah tema yang sangat menginsipirasi kita semua, bahwa Kejaksaan tetap berkinerja, & berbuat bersama sama dengan masyarakat.

“Bhakti sosial kali ini dilakukan dengan melakukan pemberian santunan kepada masyakarat berupa paket sembako yang ditujukan antara lain kepada para pelaku wisata yang terdampak Covid-19. Dengan mengingat pelaku wisata menjadi pihak yang cukup terdampak karena praktis dengan adanya pandemi ini, dunia pariwisata berhenti total.
Selain Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri, Pengurus Pusat Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) juga tidak ketinggalan memberikan bantuan sebanyak 1000 Paket sembako yang disalurkan kepada Panti Asuhan yaitu:

  1. Panti Asuhan “Putra Setia” yang beralamat di Jl. Kramat Sention Nomor 51 Jakarta
  2. Panti Asuhan “ Padepokan Kanjeng “ yang beralamat di Jl. Kyai Ishak, Rawameneng, Kampung Kaung Perwakilan Jakarta dan di Jalan Cilangkap Baru, No. 54 Cilangkap Jakarta Timur;
  3. Panti Asuhan MT. Arroyyan yang beralamat di Jl. H. Soaib No. 56 Rt 010/ Rw 03 Petukangan Selatan Jakarta Selatan.
    Ditambah lagi bantuan sembako dari Pengurus Pusat Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) yang menyalurkan bantuan sebanyak 1000 paket untuk didistribusikan kepada warga Tasikmalaya, Bandung, & Cikarang,” Anjangsana Marsyudi, SH, MH dalam laporannya. Secara khusus tambahnya, bidang Pembinaan juga mendistribusikan paket sembako sebanyak 1000 paket kepada warga desa Cibadak dan desa Sukarendah, Kec. Cibadak & Desa Cisampi Kec. Cipanas Kabupaten Lebak.
    Untuk 17 Desa di Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka telah disalurkan 1000 paket sembako yaitu :
  4. Desa Argasari
  5. Desa Campaga
  6. Desa Cibereum
  7. Desa Cicanir
  8. Desa Cikeusal
  9. Desa Ganeas
  10. Desa Gunungmanik
  11. Desa Jatipamor
  12. Desa Kertarahayu
  13. Desa Lampuyang
  14. Desa Margamukti
  15. Desa Mekarhurip
  16. Desa Mekarraharja
  17. Desa Salado
  18. Desa Sukaperna
  19. DesaTalagakulon
  20. Desa Talagawetan.

Ditempat lain juga ada 7 Desa yakni di Kec. Labuhan & Carita juga telah disalurkan 1000 paket sembako yaitu:

  1. Desa Cigondang
  2. Desa Teluk
  3. Desa Sukamaju
  4. Desa Kalang Anyar
  5. Desa Rancateureup
  6. Desa Sindanglaut
  7. Desa Carita
    Jumlah keseluruhan yang didistribusikan adalah 5000 paket sembako. Untuk paket sembako tersebut di beberapa tempat telah didistribusikan ke lokasi terdekat, dan Kejari setempat yang diperintahkan untuk menyerahkannya.

Sedangkan jumlah keseluruhan dengan dari Kejati dan Kejari se-Indonesia adalah sebanyak 50 ribu lebih paket sembako. Kejati dan Kejari yang sempat melaporkan sebanyak 24 Kejati dan 300 lebih Kejaksaan Negeri.

Sementara Jaksa Agung RI menyampaikan bahwa penyelenggaraan kegiatan ini merupakan wujud dari komitmen Kejaksaan dan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini untuk membangun semangat kepedulian. “Untuk itu, saya sangat menyambut baik setiap kali diadakan kegiatan seperti ini. Saya mengapresiasi Panitia dan para pelaksana yang telah bekerja keras untuk menyukseskan kegiatan ini. Kegiatan mulia ini sejatinya menunjukkan kepada kita tentang hakikat manusia sebagai mahluk sosial. Aksi solidaritas ini pada dasarnya meletakkan manusia dalam interaksi saling membutuhkan antar sesamanya dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya,” ujar JA Burhanuddin dalam sambutannya.

Dia berharap ditengah pandemi Covid-19 yang berimbas kepada keluarga kurang mampu sepatutnya untuk mendorong kepekaan Adhyaksa untuk berkontribusi membantu serta meringankan beban mereka yang dilanda kesulitan.

“Momentum ini sepatutnya memicu tumbuhnya kesadaran bagi kita bersama untuk membangun karakter manusia yang berguna. Karakter manusia yang dapat memberikan manfaat bagi lingkungan disekitarnya, walau sekecil apapun itu, dalam rangka membangun kehidupan yang lebih baik,” ujarnya.

Jaksa Agung berharap bahwa kegiatan seperti ini tidak berhenti sebatas seremonial dalam rangka memperingati hari besar tertentu saja, namun sedianya merupakan agenda yang diselenggarakan secara rutin dan berkelanjutan, sebagai bagian dari pelayanan terhadap masyarakat.

Setelah bhakti sosial selesai, acara dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan berikutnyanya yaitu Ceramah Agama Bersama Gus Mitfah dengan tema “Ideologi Pancasila Dalam Perspektif Agama Islam” yang dilaksanakan di Aula Sasana Pradana Kejaksaan Agung RI. dihadiri oleh Wakil Jaksa Agung RI. Dr. Setia Untung Arimuladi, SH. MH. sekaligus mewakili Jaksa Agung RI. (yang kebetulan pada jam yang sama sedang mengikuti rapat terbatas di Istana Bogor), para Jaksa Agung Muda serta beberapa pejabat eselon II dan diikuti juga oleh Para Kepala Kejaksaan Tinggi, Para kepala Kejaksaan Negeri beserta jajarannya secara vitual menggunakan aplikasi ZOOM.

THOMSON

Share.

About Author

Leave A Reply