HOT

Apakah Pembangunan Waduk Sunter Sudah Sesuai Bestek?

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Apakah pembangun Waduk Sunter Selatan Sisi Timur dan kelengkapannya dikerjakan sudah sesuai bestek?

Pertanyaan ini dimunculkan karena pada edisi sebelumnya radaronline.id memberitakan Direktur Eksekutif LSM-ALPPA (Aliansi Pemerhati Pengguna Anggaran), Thomson Gultom melaporkan Kadis SDA DKI Jakarta ke KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) RI terkait Dugaan KKN pekerjaan pembangunan Waduk Sunter Selatan Sisi Timur.

Oleh karena itu, JR dari Dinas SDA DKI Jakarta mengklarifikasi Statement LSM-ALPPA dalam pemberitaan yang mengatakan Pembangun Waduk Sunter Selatan Sisi Timut Tahun Anggaran 2019 Yang Mangkrak.

Bahwa Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta pada tahun anggaran 2019 melaksanakan pembangunan Waduk Sunter Selatan Sisi Timur sudah selesai dikerjakan.

Dikatakan, bahwa panjang existing atau keseluruhan waduk panjang 2400 m. Akan tetapi yang dilelang hanya sepanjang 1700 m’ dan realisasi yang dikerjakan sepanjang 1400 m.

“Setelah terjadi penurunan nilai kontrak sehingga direncanakan pada tahun 2020 ini akan dilaksanakan kelanjutannya. Tetapi karena adanya efisiensi anggaran akibat Covid-19 maka pelaksanaan tahun 2020 tidak dapat dilaksanakan,” ujar JR dalam rellis klarifikasinya yang diterima redaksi, Kamis (23/7).

Menurut JR, bahwa pekerjaan tersebut sudah selesai 100% dilaksanakan pada pertengahan Februari 2020 dan pekerjaan tersebut sudah dilakukan audit oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) dan pekerjaan
tersebut belum dibayar 100%, masih terhutang.

“Kondisi Pembangunan Waduk Sunter Selatan Sisi Timur sudah dimanfaatkan atau dipergunakan oleh masyarakat. Bahwa pagar seng masih dipasang karena untuk antisipasi agar tanaman tidak diinjak sehingga tanaman dapat tumbuh indah dan setelah masa pemeliharaan berakhir, pagar seng akan dibongkar,” tambah JR.

Lebih jauh JR menjelaskan bahwa bahan material urugan tidak dibayar sesuai dengan kontrak, tetapi yang dibayar hanya upah penimbunan dan pemasangan pagar pengaman proyek. “Maka dengan ini kami harapkan masyarakat dapat memahami dan mengerti duduk persoalan yang sebenarnya, bahwa pekerjaan sudah dilaksanakan sesuai dengan
kontrak,” tutup JR.

Sebelumnya diberitakan:
“Pembangunan Waduk Sunter Jakarta Utara mangkrak, Direktur Eksekutif LSM ALPPA (Aliansi Pemerhati Pengguna Anggaran) Thomson Gultom laporkan Kepala Dinas (Kadis) Sumber Daya Air (SDA) Pemprov DKI Jakarta ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jl. Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan,” pada Senin (29/6) lalu.

YEN

Share.

About Author

Leave A Reply