Pemda Bondowoso Anggarkan Smart City Tahun 2021

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, BONDOWOSO – Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso berencana menggelontorkan anggaran untuk program smart city pada tahun depan. Hal itu dikatakan oleh Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar di kantor Pemda, Selasa (21/7).

Menurut Irwan, program smart city begitu penting untuk kemajuan daerah. Smart city berbasir elektronik, mampu mempercepat kinerja Pemerintah Daerah.

“Dengan smart city, semua terintegrasi. Sistem ITE dapat mempercepat kinerja,” kata Irwan Bachtiar.

Irwan mengatakan, selain mepercepat kinerja, rencana Pemerintah Daerah menggunakan program smart city sekaligus untuk meningkatkan perolehan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Berkaca pada Pemerintahan Kota Jogjakarta yang sudah mampu memperoleh predikat “A”. Saat ini, Pemerintahan Bondowoso masih mendapat predikat “BB”.

“Di Jogjakarta, smart city sudah jalan semua. Sudah terintegrasi semua, itu yang perlu kita tiru,” terangnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Bondowoso, Haeriyah Yulianti menyampaikan, smart city merupakan bagian dari Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE). Diharapkan, Pemerintah Daerah mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat berbasis teknologi.

“Sekarang ini sudah era digital. Segala sesuatu bisa memanfatkan teknologi. Semisal, kalau dulu pelayanan di Dinas Kependudukan harus datang ke kantor, saat ini masyarakat bisa dilayani secara online. Hal – hal seperti itu nanti akan diterapkan di Bondowoso,” tandas Haeriyah.

SHODIQ

Share.

About Author

Leave A Reply