Terdakwa Margaretha Dituntut 11 Tahun Penjara Atas Kelalaianya

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, TANGERANG –  Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri Tangerang, Haerudin menuntut terdakwa Aurelia Margaretha Yulia ( 26 ) pidana penjara selama 11 tahun,  terdakwa harus membayar mahal akibat kelalaianya yang mengakibatkan Andre Njotohusodo, ( 50 ) melayang nyawanya bersama anjing kesayangannya  dalam agenda sidang tuntutan,  Rabu (15/7) di PN Tangerang.

Sebelum sampai kepada tuntutan, Jaksa Haerudin dibantu Oktaviandi terlebih dahulu membacakan kronologis, kecelakaan lalu lintas (Laka )  di Tempat  Kejadian Perkara (TKP )  Komplek Perumahan Lippo Vilage Karawaci pada Minggu,  29  Maret  2020 korban yang sedang berjalan kaki, ditabrak terdakwa, yang baru berjalan sekitar 4 rumah dari tempat tinggalnya.

Menurut Jaksa Haerdin, Aurelia terbukti secara sah dan meyakinkan karena kelalaianya dalam mengemudikan mobil Honda Brio dalam  pengaruh minuman keras yang diduga sedang mabuk, sesuai bukti di persidangan tang masih ada sisa minuman keras di pintu kanan mobil terdakwa mengakibatkan kecelakaan.

Tuntutan Jaksa terbukti dan metakinkan sesuai dakwaan Pasal 311 ayat 5 dan Pasal 310 ayat 4 UU RI Nomor 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). terdakwa , disebutkan kalau dapat dipidana dengan pidana penjara paling lama dua belas tahun atau denda paling banyak Rp 24 juta.

Lebih lanjut Haerdin mengatakan, jaksa tidak menuntut hukuman maksimal karena ada yang meringankan dari Aurelia. Yakni, mengakui perbuatannya yang membuat nyawa Andre beserta anjingnya melayang karena kecelakaan itu.

Yang memberatkan terdakwa, Aurelia Marfaretha antara keluarga terdakwa dengan keluarga korban tidak ada perdanaian,  dan juga sewaktu kecekaan terdakwa tidak berusaha meminta bantyan, atau pertolongan, malah sebaliknya terdakwa dengan istri korban sempat berantam.

Menanggapi tuntutan Jaksa yang 11 Tahun penjara, Ketua majelis hakim yang diketuai, Arif Cahyono memberikan kesempatan kepada  kuasa hukum terdakwa Aurelia Margaret akan mengajukan pembelaan (pledoi) selama 1 minggu. 

LIM

Share.

About Author

Leave A Reply