Komoditi Bumdes Diminta di Analisis

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, BONDOWOSO – Staf ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga, Kementrian PDT dan Transmigrasi Dr. Suprapedi M.eng meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Bindowoso menganalisis komoditi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Agar para Bumdes memiliki kemampuan dalam mengembangkan usaha. Salah satunya, soal pemasaran produk yang dihasilkan.

“Komiditinya mohon di analisis betul yang mana yang harus di kembangkan. Tadi saya sudah perhatikan semua dari sana sampai sini,” kata Suprapedi di Suger Lor Kecamatan Maesan, saat menghadiri panen perdana padi unggulan varietas HMS 400, Rabu (15/7).

Suprapedi melihat, sudah banyak Bumdes yang sudah menggunakan sumberdaya alam lokal untuk di olah. Seperti produk Bumdes Suger Lor, madu kaliandra citra. Inovasi itu perlu dikembangkan untuk menghasilkan produk yang lebih bagus. Dia mengingatkan, jangan sampai inivosi yang mucul tidak bisa berkembang, lantaran kesulitan membuat ijin.

“Jangan sampai, ketika Desa menghasilkan inovasi di pretesi kreativitasnya, karena hanya masalah ijin. Sehingga tidak bisa jualan,” pintanya.

Menurut Suprapedi, Pemerintah Daerah harus memfasilitasi Bumdes yang memiliki kreativitas untuk bisa berkembang. Selain itu, memberikan arahan kepada Bumdes, agar produk yang dihasilkan layak jual dipasaran.

“Bumdes harus diarahkan. Produk dijual kemana, seperti apa permintaan pasar,” terangnya.

SHODIQ

Share.

About Author

Leave A Reply