Seskoad Adakan Diskusi Kajian Strategis

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA   –  Acara diskusi Kajian Strategis dengan topik Sengketa Laut China Selatan yang dilaksanakan di ruang rapat Jend. Ahmad Yani Seskoad, dipimpin langsung oleh Komandan Seskoad dengan dihadiri oleh anggota Pokja Kajian Strategis Seskoad, Rabu (8/7).

Acara Diskusi tersebut menghasilkan beberapa pointer pembahasan bahan kajian strategis Seskoad yang diharapkan akan menjadi bahan masukan untuk TNI khususnya untuk TNI AD.

Laut China Selatan (LCS) menjadi ajang rebutan pengaruh dan penguasaan aktif beberapa negara khususnya Amerika Serikat dan China. Klaim China atas Laut China Selatan menimbulkan ketegangan diantara  negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) yang berada di Kawasan Laut China Selatan yaitu Vietnam, Brunei Darussalam, Filipina, Malaysia, dan Indonesia. Nine-dashed line dijadikan dasar China untuk mengklaim wilayah Laut China Selatan.

Strategi perang Sun Tzu merupakan strategi perang yang digunakan oleh China dengan prinsip “to avoid strength and strike weakness” serangan dilakukan saat lawan lemah, strategi itulah yang digunakan oleh China untuk menguasai Laut China Selatan.

Bagaimana pengaruh Konflik Laut China Selatan ini bagi Indonesia terkait dengan Pulau Natuna, ditinjau dari segi Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, dan Pertahanan Keamanan menjadi urgensi bahasan diskusi yang dilaksanakan secara periodik di Seskoad.

Masalah tersebut menjadi bahan pembahasan dalam Kajian Strategis Seskoad, dan akan diserahkan kepada Komando Atas sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Diskusi Kajian Strategis Seskoad dengan melibatkan anggota Pokja dilakukan secara rutin setiap minggu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

RED

Share.

About Author

Leave A Reply