Idris Tinjau Langsung Persiapan Adaptasi Kebiasaan Baru

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA DEPOK – Wali Kota Depok, Mohammad Idris, meninjau langsung persiapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), di sejumlah aktivitas masyarakat setelah tanggal 4 Juni mendatang. Salah satunya aktivitas di rumah ibadah, meski begitu dalam pelaksanaannya ada sejumlah ketentuan yang harus dipatuhi oleh masyarakat.

“Jadi, apabila nantinya angka penularan atau reproduksi efektif (Rt) terus menurun, maka pada tanggal 5 Juni semua rumah ibadah akan dibuka. Tapi dengan sejumlah ketentuan,” ujar Idris, Rabu (03/06), di Masjid Baiturrahman, Jalan Tole Iskandar, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat.

Dia menjelaskan, bahwa dengan sejumlah ketentuan tersebut, seperti protokol kesehatan juga harus dijalankan. Yakni, pengecekan suhu tubuh, tetap menjaga jarak dan membawa perlengkapan ibadah sendiri, serta harus menggunakan masker.

“Artinya, agar tetap menjaga jarak aman, pelaksanaan Salat Jumat bisa dibuat dua gelombang dan hanya untuk warga sekitar. Bahkan juga tidak boleh warga dari lintas kecamatan apalagi daerah,” jelas Idris.

Idris juga menambahkan, bahwa tidak hanya pembukaan rumah ibadah, beberapa aktivitas sosial lain juga akan mulai dibuka dengan pengaturan dan protokol yang ketat. Selanjutnya, untuk aktivitas pendidikan masih dengan pembelajaran jarak jauh, namun pada bulan Juli akan ada konsep baru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Sedangkan setelah 4 Juni mendatang, pusat-pusat ekonomi seperti mal-mal dan rumah makan akan kami buka. Akan tetapi untuk rumah makan yang ada di Kota Depok akan dikenakan pembatasan pengunjung sebanyak 50 persen dari ketersediaan tempat,” imbuh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok itu. 

MAULANA SAID

Share.

About Author

Leave A Reply