Idris Tetapkan RSUD Sebagai RS COVID-19

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA DEPOK – Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Depok Nomor: 440/120/Kpts/Dinkes/Huk/2020. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok ditetapkan sebagai rumah sakit penyelenggara pelayanan khusus pasien terinfeksi virus Corona atau COVID-19.

“Artinya dengan terbitnya SK tersebut, pelayanan kesehatan yang semulanya di RSUD, jadi untuk selanjutnya dialihkan ke rumah sakit lainnya karena sudah ditetapkan menjadi rumah sakit khusus Covid-19,” ujar Wali Kota Depok, Mohammad Idris, di Balaikota Depok, Jawa Barat.

Idris menambahkan, bahwa untuk sementara pelayanan pasien rawat inap di rumah sakit milik pemerintah ini juga ditiadakan. Namun, pelayanan rawat jalan tetap beroperasi tetapi hanya untuk poli tertentu.

“Jadi, seperti Poli HIV, Poli Penyakit Dalam, dan lainnya, tetap berjalan pelayanannya. Karena seluruh tempat tidur di rumah sakit sudah didedikasikan untuk penanganan Covid-19,” pungkas Ketua Gugus Tugas Perecepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok itu.

Ditempat yang sama Devi Maryori, selaku Direktur RSUD Kota Depok, menyebutkan, bahwa pihaknya juga tetap melayani kasus kegawatdaruratan. Seperti, kecelakaan dan persalinan.

“Jadi, kendati demikian untuk tata laksana kegawatdaruratan tetap kami lakukan di Instalasi Gawat Darurat (IGD, untuk selanjutnya dibuat rujukan ke rumah sakit lain,” ujarnya.

Devi juga menambahkan, bahwa saat ini pihaknya sedang menyiapkan sejumlah fasilitas tambahan untuk menangani pasien Covid-19. Seperti penambahan jumlah tempat tidur dan peralatan kesehatan penunjang lainnya.

“Jadi semoga segera terealisasi, selain itu juga, kami akan sediakan sebanyak 110-120 tempat tidur. Sedangkan, untuk Sumber Daya Manusia (SDM), sementara ini cukup. Namun yang masih kurang yakni, dokter spesialis penyakit dalam dan dokter anak,” ucapnya.

MAULANA SAID

Share.

About Author

Leave A Reply