Pelatihan Penanganan Pasien COVID-19 Bagi Personel Kodim 0731/Kulon Progo

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KULON PROGO  –   Danramil Jajaran Kodim 0731/Kulon Progo beserta anggota yang ditunjuk mengikuti Pelatihan Cara Penanganan Pasien Covid-19 dan Penanganan Jenazah dengan menggunakan APD yang benar dari Dinas Kesehatan Kab. Kulon Progo berlangsung di Aula Makodim, Senin (04/05).

Bertindak sebagai narasumber dr. Chusnun Hendarto (Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan dan Khusus Dinkes Kab. Kulon Progo) dan dr. Susilaningsih, MPH (Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar Dinkes Kab. Kulon Progo) didampingi  dr. Dian Indah Vitarini, MMR (Dokter PPK Pratama Kartika Kodim 0731/Kulon Progo.

Letkol Inf Dodit Susanto, A.Md., (Dandim 0731/Kulon Progo) dalam arahannya mengatakan bahwa kita akan mendengarkan cara penggunaan APD yang benar dalam penanganan dan penjemputan pasien/jenazah terpapar Covid-19 oleh para narasumber.

Kita mendapat APD sebanyak 10 stel dari Pangdam IV/Dip yang nantinya akan kita bagikan kepada Koramil-Koramil dengan prioritas Koramil Sentolo dan Lendah karena di wilayahnya paling banyak terpapar Covid 19.  Usahakan dilengkapi dengan sepatu bot dan sarung tangan, tambahnya.

dr. Chusnun Hendarto memberikan materi tentang Kesiapsiagaan Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo menghadapi Pandemi Covid-19 dan perjalanan Covid-19 diawali dari Wuhan China hingga WHO menyatakan sebagai Pandemi. Selain itu juga dijelaskan tentang Cara Penularan, Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Upaya Pencegahan dan apa yang harus dilakukan masyarakat dalam menghadapi Pandemi Covid 19.

dr. Susilaningsih, MPH menyampaikan materi tentang kebijakan pemerintah terhadap penanganan jenazah korban Covid-19 sesuai UU No. 4 tahun 1984 dan  UU No. 6 tahun 2018 serta Surat Edaran Dirjen P2P Nomor 483 tahun 2020.  Dijelaskan pula tentang tujuan, definisi, persiapan pelaksanaan dan persiapan petugas, perlakuan terhadap jenazah dan prosesi menuju tempat pemakaman/kremasi hingga pelaksanaan penguburan. Dengan pelatihan ini, Dandim berharap personel Koramil yang merupakan garda terdepan, memiliki bekal pengetahuan yang cukup dalam penanganan pasien/jenazah terpapar Covid 19, sehingga tidak ada kekhawatiran dan keragu-raguan.  

RED

Share.

About Author

Leave A Reply