Pembekalan Relawan Tanggap COVID-19 Kalurahan Pandowan Galur

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KULON PROGO – Pembekalan diberikan oleh Lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kalurahan Pandowan kepada Tim Relawan Tanggap COVID-19 Kalurahan Pandowan, Kapanewon Galur, yang berlangsung di Aula Balai Kalurahan Pandowan.

Kegiatan pembekalan diikuti oleh Pamong, Dukuh, Tokoh Masyarakat dan Karang Taruna yang tergabung dalam Tim Relawan Tanggap COVID-19. Sebagai langkah antisipasi dan pencegahan penyebaran COVID-19, dalam pelaksanaan pembekalan terhadap 25 orang peserta dibagi menjadi dua tahap, peserta memakai masker dan diatur jarak tempat duduknya.

Lurah Pandowan menyampaikan bahwa Relawan Tanggap COVID-19, Kalurahan Pandowan bertugas untuk : melakukan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan, mendata warga yang rentan terhadap penyakit muali dari balita, mendata warga yang masuk desa berasal dari luar kota dan agar segera lakukan isolasi mandiri, membantu giat penyemprotan disinfektan secara berkala, menyiapkan tempat/rumah untuk tempat karantina serta melakukan tindakan penanganan apabila ada warga yang terpapar COVID- 19.

Serda Bing Sukamto menghimbau kepada warga khususnya Tim Relawan agar tidak menolak apabila ada korban Covid 19 yang meninggal dunia untuk dimakamkan di TPU Kalurahan Pandowan, kita harus bantu agar prosesi pemakaman cepat terlaksana. Warga agar menerima orang terpapar COVID-19 yang sudah dinyatakan sembuh oleh tim medis.

Hal tersebut senada dengan apa yang disampaikan Dandim 0731/Kulon Progo kepada para Babinsa, bahwa apabila ada warga terpapar COVID-19 dan meninggal, tindakan pengamanan penyebaran virus telah dilakukan oleh tim medis, sehingga tidak perlu ada kekhawatiran yang berlebihan, namun demikian tetap harus hati-hati dan waspada, selain itu virus yang menempel pada jenazah juga akan mati dengan sendirinya dalam liang lahat.

RED

Share.

About Author

Leave A Reply