Lakukan PHK Sepihak, Puluhan Buruh Gruduk PT. Unilever Rungkut Surabaya

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, SURABAYA – PT. Unilever langgar Nota Pemeriksaan Khusus yang dikeluarkan oleh Dinas Ketenagakerjaan kurang lebih 3 tahun. Sehingga puluhan buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan (SP KEP SPSI) Surabaya melakukan aksi Solidaritas di depan pabrik PT. Unilever Rungkut Surabaya, Rabu (1/4).

Aksi tersebut, dipicu karena PT Unilever berani mengabaikan Produk Nota Pemeriksaan Khusus. Kemudian dari perwakilan pekerja meminta agar dapat melakukan mediasi dan dapat bertemu dengan pihak PT Unilever dengan DPC SP KEP SPSI Surabaya.

” Alhamdulillah ada jalan keluar, besok ada pertemuan jam 10.00 siang,” kata Sudarmianto selaku Pengurus PC KEP SPSI Surabaya.

Kemudian, Dendy Prayitno telah menunjuk sekaligus membentuk Tim Khusus Untuk Mengawal Perkara tersebut. Dikatakan Warkunanto, para pekerja memiliki dua point tuntutan kepada perusahaan.

Dari dua poin tersebut, yaitu, tuntutan utamanya ialah meminta perusahaan agar mempekerjakan kembali yang diberhentikan sepihak dan diangkat menjadi PKWTT PT. Unilever Surabaya.

“Tuntutan kami ini dilandasi dengan dasar Nota Pemeriksaan Khusus dari Produk Pemerintahan Dinas Ketenagakerjaan,” tegas Warkunanto.

Tak hanya itu, dikatakan Dian, PT. Unilever Rungkut Surabaya telah memberhentian pekerja secara sepihak, perusahaan merekrut karyawan baru dan banyak karyawan Outsourcing yang masih bekerja.

“Oleh karena itu, kami juga menuntut agar seluruh pekerja di PT. Unilever Rungkut Surabaya yang sudah memenuhi syarat untuk menjadi karyawan tetap, sesuai nota pemeriksaan khusus dari dinas ketenagakerjaan , diangkat sebagai karyawan tetap dan bekerja kembali,” lanjut Dian.

NAMIN

Share.

About Author

Leave A Reply