Polda Jatim Kawal Kebijakan Pemerintah Masyarakat Patuhi Physical Distancing

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, SURABAYA – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur beserta Polrestabes, Polresta, Polres Jajaran lakukan uji coba penerapan pembatasan area (Kawasan dan Jalur) terkait percepatan penanganan penyebaran COVID-19 di Jawa Timur.

Informasi perkembangan sebaran Covid 19 selalu bertambah baik untuk ODP, PDP dan Pasien Positif terkena COVID-19 di Propinsi Jawa Timur. Dikatakan Kapolda Jatim, selalu evaluasi dan koordinasi dengan Forkopimda dan BPBD Jatim serta Kepala Gugus Tugas COVID-19.

” Penting untuk menyelesaikan persoalan percepatan penanganan COVID-19 dilakukan ini (evaluasi dan koordinasi) agar mengetahui perkembangannya, dan cara yang tepat, benar dan cepat menanganinya secara bersama-sama,” ujar Irjen Pol Luki Hermawan.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo, menambahkan, Kawasan tertib dan Jalur tertib Physical Distancing mulai diterapkan Polda Jatim pada Jumat siang dan malam hari (27/03/2020) sangat efektif dan berhasil menjadikan beberapa tempat kerumunan menjadi sterill dan masyarakat patuhi Physical Distancing.

Nantinya, dikatakan Trunoyudo, tempat-tempat lain yang belum masuk kawasan dan jalur tertib Physical Distancing akan dilakukan Patroli Dialogis dan pembubaran persuasif untuk masyarakat kembali kerumah masing-masing.

“Dengan demikian akan efektif penggunaan personel yang lakukan Patroli Dialogis, Preventif dan Penindakan dengan wilayah yang kawasan sudah tertib, maka akan lebih sedikit ruang kerumunan sehingga akan kembali ke rumah masing-masing patuhi Physical Distancing ini,” kata Kombespol Trunoyudo. Sabtu (28/3).

Tak hanya itu, kawasan dan jalur tertib diterapkan guna masyarakat patuhi kebijakan pemerintah tentang Physical Distancing (jaga jarak kontak fisik) dalam rangka percepatan penanganan sebaran Covid-19 ditengah-tengah masyarakat yang sedang mewabah.

“Ini akan terus kita lakukan dan evaluasi setiap saat, serta koordinasi semua stakeholders. Namun, sangat efektif semalam Polda Jatim lakukan penerapan kawasan dan Jalur Tertib Physical Distancing,” lanjutnya Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Trunoyudo.

Dihimbau kepada masyarakat, agar adanya partisipasi kesadaran masyarakat dan lingkungan diperlukan dan penegakan hukum akan dilakukan pada jalan akhir untuk menegakan asas keselamatan masyarakat sebagai hukum tertinggi sebagaimana yang tertuang dalam Maklumat Kapolri.

HOLD

Share.

About Author

Leave A Reply