Humas PN SBY: Antisipasi COVID-19, Sidang Teleconference akan Dilaksanakan Senin Depan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, SURABAYA – Mengantisipasi meluasnya wabah virus Corona Ketua Pengadilan Negeri (KPN), NurSyam melalui Humas Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Martin Ginting menganjurkan khususnya untuk para tahanan terdakwa yang akan menjalani persidangan, maka sesuai dengan arahan Ketua Mahkamah Agung via SEMA No.1 Tahun 2020 serta surat dari Menkumham tentang persidangan online.

” Maka hari ini Kamis, 26 Maret 2020 telah dilaksanakan Rapat terbatas di Ruang Rapat lantai 6 PN Surabaya yang di hadiri oleh para pihak, diantaranya Kepala Rumah Tahanan (Ka. Rutan) Surabaya, Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya, dan Kejaksaan Negeri Surabaya, serta Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Surabaya dan saya selaku Humas, maka Sidang Teleconference akan diupayakan mulai pada Senin, 30 Maret 2020, dimana terdakwa tetap berada di rumah tahanan, sedangkan Jaksa, Saksi, Pengacaranya dan Hakim tetap ada di ruang sidang PENGADILAN.

Dalam hal ini JPU dan Rutan Surabaya sepakat mewujudkan sidang online tersebut, (terdakwa tanpa hadir di ruang Sidang PN SBY). Hal ini merupakan kepedulian aparat penegak hukum untuk mencegah meluasnya wabah virus Corona.

Menurut KPN Surabaya, para tahanan sangat rentan dengan virus karena daya tahan tubuh mereka kurang vitamin karena pada umumnya para tahanan asupan gizi nya kurang, dan istirahatnya kurang baik.

Sehingga sangat rentan dan karena rata-rata Rutan di wilayah hukum PN Surabaya over kapasitas melebihi 300% , maka harus di perketat interaksi dengan pihak luar rutan agar mereka tidak terpapar virus.

” Pelaksanaan sidang online akan kita amati pelaksanaannya dan bila ada yg kurang baik akan dievaluasi, yang penting tujuan kita adalah menyelamatkan masyarakat dari wabah,” papar Ginting melalui pers rilisnya.

HARIFIN

Share.

About Author

Leave A Reply