Hakim Vonis 2,5 Tahun, JPU Kejati DKI Banding

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Ketua Majelis Hakim Ramses Pasaribu dengan anggota Tiaris Sirait SH dan Marbun melalui video teleconference mejatuhkan hukuman 2 tahun dan 6 bulan pidana penjara terhadap terdakwa Lia Elia, Patria, di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara, Jl. Gajah Mada, Jakarta Pusat, Kamis (26/3).

Kedua terdakwa dijatuhi hukuman 2 tahun dan 6 bulan pidana penjara karena telah terbukti secara sah dan menyampaikan bersalah melakukan tindak pidana penipuan uang Rp. 2 Miliar sebagaimana diatur dalam Pasal 378 KUHP.

Terdakwa Lia Elia dan Patria dengan tipu daya telah berhasil memperdaya PT Narendra Rp. 2 Miliar dalam hal kerjasama mengerjakan dana desa pada 16 desa di Cianjur, dan Bandung. Dengan bermodalkan 16 SPK bodong Lia Elia dan Patria mengatakan akan berbagi hasil dengan PT. Narendra. Ternyata setelah diselidiki bahwa 16 SPK itu adakah bodong, karena ternyata dana desa itu tidak bisa dikerjakan pihak ketiga.

Tahun pertama sempat ada pembagian hasil bahwa seolah ada pekerjaan. Namun tahun berikutnya tidak dapat lagi dikembalikan hingga Pelapor mengalami kerugian Rp.1,6 miliar.

Atas putusan itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Yerich Sinaga SH menyatakan banding. Pasalnya, dalam surat tuntutannya Yerich Sinaga menjatuhkan tuntutan 6 tahun.

Kedua terdakwa dijerat dengan Pasal 378 KUHP dan Pasal 3, 4 Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU ).

THOMSON

Share.

About Author

Leave A Reply