Rumah Sakit Rujukan Covid 19, Pangdam Hasanuddin Sidak RS Pelamonia

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, MAKASSAR – Panglima Kodam (Pangdam) XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, SE melakukan inspeksi mendadak (Sidak) Rumah Sakit (RS) Tingkat II Pelamonia Kesdam XIV/Hasanuddin dalam menangani penyebaran Virus Corona Disease 2019 (COVID-19), Senin (23/3).

Pangdam memastikan kesiapan Rumkit Pelamonia khususnya pada ruangan seperti Instalasi gawat darurat (IGD) dan ruang rawat inap pasien dalam menampung serta menangani apabila menerima pasien yang terdampak Covid-19.

Dalam penjelasannya ke awak media Pangdam mengatakan bahwa RS. Pelamonia sudah menyiapkan dokter spesialis paru dan penyakit dalam serta tenaga medis lainnya maupun fasilitas medis untuk menangani orang yang terpapar virus corona

“Disini kita sudah siap fasilitasnya, kapasitas yang bisa ditampung sekitar 38 tempat tidur, dua di IGD, 24 tempat tidur di tenda sebagai ruang observasi dan 12 tempat tidur di ruang isolasi, ” ungkapnya.

“Kita juga menyiapkan tenaga medis, ada dua Dokter Spesialis Paru dan lima Dokter Spesialis Penyakit Dalam, mereka siap setiap saat untuk melakukan langkah-langkah penanganan masalah Covid-19, “tambahnya.

Terkait masalah Alat Pelindung Diri (APD) pihaknya mengaku sudah memiliki, “Kita sudah ada sekitar 50an bahkan sekarang ini pemerintah sudah berusaha untuk mendatangkan, jadi kita tunggu nanti, namun yang ada saat ini masih memadai, ” tandas Mayjen Andi.

Dalam kesempatan itu, Mayjen Andi juga menekankan kepada Karumkit Pelamonia untuk selalu aktif memonitor perkembangan dalam menghadapi merebaknya Virus Corona ini sehingga selalu siap dalam penanganannya.

Turut hadir Asops Kolonel Inf Renal Aprindo Sinaga, Kapendam Kolonel Inf Maskun Nafik, S.H, Kakomed Rumkit Tk. II Pelamonia Kolonel Ckm dr. I Ketut Djulijasa, Sp. B dan Wakarumkit Tk. II Pelamonia Letkol Ckm dr. F. Alvian Amu, Sp.P., M.A.R.S., F.I.S.R.

BACHTIAR BARISALLANG

Sumber : Pendam Hasanuddin

Share.

About Author

Leave A Reply