Penerangan Korem 091/ASN Ikuti Bimtek Insan Pers

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, SAMARINDA – 30 peserta yang terdiri dari jurnalis Diskominfo Kaltim, Korem 091/ASN, Pers media online dan cetak ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Insan Pers di Ruang Kudungga Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim, Jl. Basuki Rahmat Samarinda, Senin (16/3).

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur dihadiri narasumber, yakni Ketua PWI Kaltim Endro S. Efendi,
Felanans G. Mustari, Kepala Redaksi Kaltim KC Mustari dan Kepala Redaksi Niaga Asia Intoniswan.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari dan materi yang di berikan diantaranya Penulisan berita dan KEJ (teori), Penulisan Feature (teori), Membuat Berita Analisis, Praktek dan evaluasi penulisan berita dan KEJ, Praktek dan evaluasi penulisan feature serta Praktek dan evaluasi Membuat Berita Analisis.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim Endro S. Effendi mengungkapkan jika suatu pekerjaan sering dilakukan maka tidak akan terasa sulit dikerjakan. Begitu pula dengan menulis, jika dijadikan sebuah kebiasaan maka tidak akan menjadi beban dan akan terasa ringan dituangkan ke dalam bentuk coretan.

Endro menggambarkan bahwa menulis merupakan kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan setiap saat. Terlebih jika ingin melatih diri agar mudah menulis, maka dianjurkan untuk belajar menulis dari hal-hal sederhana yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

Dirinya mencontohkan, kegiatan dari pagi sampai malam hari yang kita lakukan bisa dituangkan dalam bentuk catatan kecil. Dengan begitu, kebiasaan yang terlihat sepele bisa menjadikan dampak besar untuk kemampuan menulis seseorang.

“Menulis itu semakin sering dicoba maka semakin mudah dilakukan. Belajar menulis paling mudah yaitu dengan banyak membaca. Cara ini akan membantu untuk menambah perbendaharaan kata,” ucap lelaki berkacamata yang juga berprofesi sebagai hipnoterapis ini.

Sedangkan Kapenrem 091/ASN Kapten Arh Azrul Azis menuturkan, kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi anggota, apalagi kegiatan pelatihan ini sebagai pengenalan dibidang kewartaan atau jurnalisme dengan harapan anggota tidak awam lagi dengan kehidupan jurnalistik.

Kegiatan pelatihan ini sebagai bagian untuk mendukung tugas satuan Korem 091/ASN khususnya terkait dengan publikasi kegiatan satuan sehingga diketahui khalayak umum.

Sumber : Penrem 091/ASN

Share.

About Author

Leave A Reply