Firdausi Topuriti: Kantor Bersih Dorong Kinerja Pegawai

Pinterest LinkedIn Tumblr +


RadarOnline.id, MAKASSAR – Kebersihan ruangan kerja menciptakan kebersihan hati dan berujung peningkatan kinerja pegawai pada lingkungan kantor tersebut.

Ungkapan tersebut terlontar di bibir, Kasubag Umum, Hukum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan saat Radaronline.id, menyambangi kantornya di bilangan Jl. Perintis Kemerdekaan, KM 10, Tamalanrea Indah, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (16/3).

Dalam pertemuan itu, K’ Udzi begitu ia kerap disapa, berpesan agar jangan sampai kantor, dimana tempat kita mengabdi terkesan kumuh sehingga masyarakat enggan masuk di dalamnya.

“Budaya hidup bersih dan teratur hendaknya dijadikan pembiasaan agar dapat menjadi karakter bagi pegawai yang cinta akan kebersihan,” ucap Firdausi Topuriti dengan senyum khasnya.

Suasana kantor yang nyaman dan rapi tentu akan menumbuhkan semangat bersama. Ia pun lantas tidak menjadikan keterbatasan sarana sebagai penghambat kemajuan. 

“Hal itu juga terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Jika berada di tempat kotor tentu menimbulkan rasa malas untuk bekerja, “ungkapnya.

Pria murah senyum yang baru menjabat Satu bulan 15 (lima belas) hari sebagai Kasubag Umum, Hukum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan itu hendak memastikan program Bersih, Rapi dan Indah sudah mulai dijalankan. 

“Kepedulian terhadap tugas pokok kita itu penting. Bagaimana menciptakan suasana kerja sehingga bekerja enak dan nyaman,” katanya.

Sebelum dia menempati ruangan kerjanya, sempat menjadi sorotan, dimana sebelumnya terkesan menyeramkan, kegelapan yang menakutkan dimalam hari, karena penerangan yang kurang mendapat perhatian, dari unsur pengelola kantor yang terkait dilingkup diknas tersebut. Namun kini keberadaannya telah berubah menjadi suasana tempat kerja yang nyaman dan bersih

Ia pun mengingatkan, agar seluruh pegawai bisa bekerja sesuai aturan dan mampu me-refresh diri sendiri. Yakni sambil bekerja melakukan apa yang dikehendaki.

“Kerja itu tidak perlu terlalu ngotot. Yang penting pekerjaan selesai meski dilaksanakan dengan santai. Kita harus serius tapi santai, seorang ASN itu, tertib administrasi dan rapi dalam bekerja menjadi kewajiban dan mutlak harus dilaksanakan setiap hari,” tutupnya.

BACHTIAR BARISALLANG

Share.

About Author

Leave A Reply