Banjir Bandang Kembali Merusak Ratusan Rumah di Ijen

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, BONDOWOSO – Banjir bandang kembali merusak ratusan rumah di Kecamatan Ijen. Kali ini ada sekira 316 rumah milik warga di Desa Sempol dan Desa Kalisat rusak.

Camat Kecamatan Ijen, Ifan Arifandi mengatakan, banjir susulan merupakan dampak dari kerusakan hutan. Selain alih fungsi lahan, kebakaran hutan adalah pemicu 2 kali banjir bandang pada awal tahun ini.

” Banjir membawa material kayu, batu, lumpur dan pasir. Aliran sungai terhambat oleh tumpukan kayu yang dibawa oleh air,” kata ifan di Kecamatan Ijen, Minggu (15/3).

Menurut Ifan, selain merusak rumah warga, banjir telah merusak beberapa fasilitas umum. Banjir, juga membuat pendangkalan terhadap aliran sungai akibat endapan lumpur.

“Rumah dan fasilitas umum di dua Desa terendam lumpur bercampur pasir. Ketinggiannya mencapai 2 meter. Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini,” ujanya.

Dari total  316 rumah yang rusak, kerusakan terbanyak di Desa sempol. Jumlahnya mencapai 210 rumah, di Dusun Pesanggerahan dan Dusun Sempol. Sementara sisanya, terdapat di Desa Kalisat. Yaitu Dusun Kampung Baru, Dusun Sumber Ayu dan Dusun Taman Kembar.

SHODIQ

Share.

About Author

Leave A Reply