Jalan Kp. Pabuaran Lengkong Kulon Terindikasi Tidak Sesuai RAB

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, TANGERANG – Proyek betonisasi jalan Kp. Pabuaran RT.04/06, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, diduga kuat tidak akan sesuai RAB (rencana anggaran biaya). Volume beton diduga akan dikurangi dengan cara mengurangi ketebalannya.

Pantauan radaronline.id, Rabu (11/3) terlihat bahwa acuan beton (bekisting) yang digunakan berukuran 15 cm. Hal itu menimbulkan perkiraan bahwa ketebalan beton cor adalah 15 cm sesuai ukuran acuannya. Faktanya, jika dihitung dari elevasi rata-rata bekisting terpasang dari dasar badan jalan, rata-rata hanya 11,5 cm.

Keadaan tersebut menunjukkan adanya kekerangan ketebalan beton rata-rata 3,5 cm. Dengan demikian, dapat diperkirakan bahwa kontraktor pelaksana telah “menghemat” beton cor total sekitar 10 meter kubik atau kira-kira setara dengan Rp 15.000.000,-. Angka yang tergolong luar biasa dibandingkan dengan Pagu Anggaran proyek yang hanya Rp 80 juta.

Camat Pagedangan, Dadan Gandana yang dikonfirmasi terkait pelaksanaan proyek tersebut, mengatakan akan menyampaikan hal itu ke Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan untuk ditindaklanjuti.

“Nanti saya sampaikan ke Kasi Pembangunan, biar ditindaklanjuti,” katanya, Kamis (12/3).

JUARA SIMANJUNTAK

Share.

About Author

Leave A Reply