Jembrana Belajar Vanili ke Bondowoso

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, BONDOWOSO – Pemerintahan Kabupaten Jembrana Propinsi Bali berkunjung ke Kabupaten Bondowoso. Tujuannya untuk belajar pertanian vanili, Selasa (10/3).

Wakil Bupati Kabupaten Jemberana, I Made Kembang Hartawan menyampaikan, kedatangannya bersama rombongan ke Kabupaten Bondowoso untuk melihat secara langsung praktek pertanian vanili.

” Saya memang sengaja secara khusus datang kesini untuk belajar lebih tekhnis dan detail. Melihat langsung keberadaan petani vanili,” kata I Made di Kantor Dinas Pertanian Bondowoso.

Menurut I Made, Ketua Asosiasi Vanili Indonesia adalah orang Bondowoso, yaitu Ginting. Hal itu menambah keinginan Pemerintahan Jemberana ingin belajar ke Bondowoso. Selama ini, kata dia,  Ginting sering ke Jemberana untuk memberikan motivasi dan pelatihan kepada petani di Kabupaten Jemberana.

“P. Ginting adalah pengurus vanili Indonesia. P. Ginting sering datang ke Jembrana untuk memberikan l motivasi, pelatihan, kepada petani-petani kami di Jembrana,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar sebagai tuan rumah mengatakan, kunjungan yang dilakukan oleh Pemrrintahan Jeberana  akan membuat pihak terkait lebih intens untuk membumikan Bondowoso sebagai pusatnya dan lumbungnya vanili. Bahkan, vanili bisa menjadi produk unggulan ke dua setelah kopi.

“Saya terima kasih kepada Pemkab Jembrana yang sudah menjadikan Bondowoso sebagai tempat tujuan untuk belajar bidang perkebunan vanili. Saya juga terima kasih kepada Pak Siginting sebagai Ketua Asosiasi Vanili Indonesia, yang kebetulan juga orang Bondowoso, dan betul-betul bisa membawa nama Bondowoso,” terangnya.

SHODIQ

Share.

About Author

Leave A Reply