Renja Setwan Tingkatkan Peran DPRD Maksimalkan Tiga Fungsi

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Renja Setwan, Tingkatkan Peran DPRD Maksimalkan Tiga Fungsi

RadarOnline.id, KOTA DEPOK – Forum Rencana Kerja (Renja) Sekretariat Daerah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok Tahun 2021, baru saja di gelar, pada Hari Senin (24/2/2020), di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Depok, Jawa Barat.

” Maka, digelarnya Renja tersebut bertujuan meningkatkan serta memaksimalkan tiga fungsi perannya mensejahterakan masyarakat. Seperti, peningkatan fungsi pengawasan, pembentukan peraturan daerah (perda) sesuai kebutuhan masyarakat, dan penganggaran. Jadi, fungsi peningkatan pengawasan tersebut terhadap penyelenggaraan pemerintahan. Pengawasan dilakukan untuk memelihara akuntabilitas publik.

” Artinya, dari pengawasan dan pemantauan DPRD ini akan terus mengawasi penggunaan anggaran yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Ketua DPRD Kota Depok Teuku Muhammad Yusufsyah Putra, Senin (24/2/2020), di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Depok, Jawa Barat.

Dia menjelaskan, bahwa pembentukan perda, DPRD akan terus berkoordinasi dengan perangkat daerah terkait. Karena, dalam pembentukan atau revisi perda dapat dilakukan berdasarkan inisiasi DPRD dengan pemerintah.

” Sedangkan, untuk peningkatan fungsi anggaran dilakukan sesuai dengan proses penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok. Jadi, sesuai dengan dokumen perencanaan yang telah ditetapkan, serta penyusunan kebijakan anggaran akan disesuaikan dengan perencanaan dan sejalan dengan program – programnya,” jelas Putra sapaan akrabnya.

Putra menambahkan, bahwa diharapkan dengan mengoptimalkan tiga fungsi tersebut dapat merealisasikan usulan masyarakat.

” Jadi, pada intinya semua ini bwrtujuan agar warga Kota Depok dapat lebih meningkat status hidupnya dan lebih sejahtera lagi,” ucap politisi PKS itu.

MAULANA SAID

Share.

About Author

Leave A Reply