Wadanramil Makassar Bersama Tripika Kecamatan Ikut Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, MAKASSAR – Badan Pusat Statistik (BPS) terjun langsung ke sejumlah kecamatan yang berada dalam wilayah Kota Makassar untuk melaksanakan sosialisasi Sensus Penduduk (SP) 2020. Kali ini, sosialisasi menyasar ke Kecamatan Makassar.

Dalam sosialisasi ini tampak hadir diantaranya, Wadanramil Makassar, Kapten Inf Nizam, Wakapolsek Makassar, AKP Ahmad dan para Kepala Kelurahan Se kecamatan Makassar.

Sosialisasi ini dilakukan dengan cara praktek isi data diri secara daring (online), bertempat di Aula Kantor Kecamatan Makassar, Kamis (20/2).

Pelaksana Tugas Sekertaris Kecamatan Makassar, mengatakan, sosialisasi penting dilakukan. Sebab, sensus kali ini berbeda dibading sensus sebelumnya. Dimana, SP 2020  akan memakai metode kombinasi. Artinya, petugas akan menggunakan data basic dasar dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil), kemudian dilakukan sensus berbasis online secara mandiri menggunakan sistem registrasi.

Dengan begitu tidak ada lagi perbedaan data antara BPS dengan Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini Dispendukcapil. Untuk itu ia meminta kepada Lurah agar membantu Badan Pusat Statistik untuk ikut menginformasikan kepada masyarakat agar data sesuai dengan kartu keluarga dan juga berkoordinasi dengan RT/RW setempat.

“Kami minta kepada para lurah di Kecamatan Makassar ini untuk ikut berpartisipasi dalam mensosialisasikan kegiatan sensus mandiri secara online,” ujar H. Andisa Rahim, saat membuka kegiatan tersebut.

Sementara itu, Elisabet Ria mengungkapkan, saat ini masyarakat sudah mulai bisa mengisi sensus penduduk secara mandiri dengan cara online. Diharapkan semakin banyak masyarakat yang terlibat.

“Jadi ada webiste di https://sensus.bps.go.id sehingga kita bisa melakukan pendataan secara mandiri, baik lewat komputer maupun Hp,” ujar Kasie Sosial Statistik ini.

BACHTIAR BARISALLANG

Share.

About Author

Leave A Reply