Kejari Nias Sumut Eksekusi Terpidana Korupsi Jahanes Lukman ke Lapas Tanjung Gusta

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Tim Tabur (Tangkap Buronan) Kejaksaan Negeri (Kejari) Nias Selatan dan Tim Jaksa Eksekutor Pidsus Kejari Nias Selatan telah menangkap buronan atau Daftar Pencarian Orang (DPO) Kejaksaan Tinggi Sumatra Utara atas nama Johanes Lukman Lukito, B.Sc. Direktur PT. Rejo Megah Makmur Engineering, di kawasan Mall Avenue Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Senin (17/2).

JOHANES LUKMAN LUKITO, B.Sc. di eksekusi berdasarkan Putusan Mahkamah Agung (MA) RI Nomor 593 K/Pid.Sus/2019 tanggal 21 Mei 2019 dengan putusan bersalah dengan amar putusan Terdakwa JOHANES LUKMAN LUKITO, B.Sc. terbukti melakukan Tindak Pidana Korupsi secara bersama-sama oleh karena itu dijatuhkan pidana penjara terhadap Terdakwa selama 4 tahun dan denda Rp 200 juta dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar diganti pidana kurungan selama 4 bulan.

JOHANES LUKMAN LUKITO, B.Sc juga diwajibkan untuk membayar uang pengganti sebesar Rp. 7.890.698.714,- dikompensasi dengan uang yang disetor Terdakwa Rp.4.500.000.000,- sisa uang pengganti sebesar Rp.3.390.698.714,- dengan ketentuan apabila tidak membayar Uang Pengganti dalam 1 bulan maka harta benda disita oleh Jaksa dan dilelang untuk menutupi Uang Pengganti dan apabila Terdakwa tidak mempunyai harta benda yang cukup maka dipidana penjara selama 4 tahun.

“Penangkapan JOHANES LUKMAN LUKITO, B.Sc. dilakukan untuk proses eksekusi perkara, menyusul Terpidana YULIUS DAKHI (Direktut PT. Bumi Nisel Cerlang) yang sudah menjalani hukuman terlebih dahulu dalam Perkara Tindak Pidana Korupsi Proyek Pembangunan Nias Waterpark di Kabupaten Nias Selatan yang bersumber dana dari Penyertaan Modal APBD Kabupaten Nias Selatan Tahun Anggaran 2015 kepada PT. Bumi Nisel Cerlang (BUMD di Kabupaten Nias Selatan),” ujar Kapuspenkum Kejagung RI, Hari Setiyono SH MH dalam relis yang terima redaksi.

Hari Sutiyono menjelaskan bahwa Terpidana ditangkap ketika sedang bersama dengan Penasihat Hukumnya. Dan selanjutnya terpidana dibawa menuju Bandara Soekarno Hatta untuk diterbangkan menuju Kuala Namu Medan dan selanjutnya Tim Pidsus Kejari Nias Selatan mengeksekusi ke Lapas Tanjung Gusta untuk menjalani Hukuman sesuai Putusan MA.

THOMSON

Share.

About Author

Leave A Reply