Renja DPUPR Fokus Bangun Sumur Resapan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA DEPOK – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, menggelar kegitan
Forum Rencana Kerja Organisasi Perangkat Daerah. Selasa, Selasa (18/2), di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat.

Kepala DPUPR Kota Depok, Dadan Rustandi menerangkan, bahwa dalam tahun ini pihaknya segera membangun
sumur resapan di setiap jalan lingkungan (jaling), untuk mengantisipasi banjing dan genagan air.

” Jadi, pihaknya semakin serius dalam menanggulangi banjir dan genangan, di tahun ini. Namun hal tersebut, harus membutuhkan sosialisasi ke masyarakat. Bahkan, jika tidak ada halangan, pembangunan bisa dilakukan tahun ini jufa,” ujar Dadan, Selasa (18/2), seusai kegiatan Renja OPD, di Hotel Bumi Wiyata.

Dia menjelaskan, bahwa dari beberapa lokasi jaling tersebut segera dipetakan usai kegiatan Forum Renja ini. Untuk itu, diharapkan keaktifan dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) untuk turut mengusulkan wilayah mana saja yang ideal dibangun sumur resapan tersebut.

“ Selain itu DPUPR, juga akan kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok. Sebab, mereka berencana membuat sumur resapan juga. Jadi kita, akan bersama dengan instansi terkait, agar bisa secepatnya direalisasikan,” jelas Dadan.

Dadan menambahka, bahwa dengan dibangunnya sumur resapan tersebut, nantinya dapat menahan laju air dan mempercepat penyerapan ke dalam tanah. Maka kedepannya, diharapkan mampu memecahkan masalah banjir dan genangan air di Kota Depok ini.

” Jadi selain itu, kami juga mendorong masyarakat untuk membangun sumur resapan di halaman rumah masing-masing. Artinya, dengan begitu debit air tidak terbuang begitu saja dan bisa ditahan di dalam sumur resapan tersebut,” pungkasnya.

MAULANA SAID

Share.

About Author

Leave A Reply