Didatangi Forkopimda, Warga Desa Gentong Mengeluh Kekurangan Pupuk

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, BONDOWOSO – Warga Desa Gentong Kecamatan Taman Krocok memanfaatkan kesempatan. Ketika Desa yang mereka tempati, kedatangan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bondowoso. Mereka, mengeluh betapa susahnya mendapatkan pupuk jenis urea dan ZA.

” Kami kewalahan dengan adanya pengurangan pupuk. Mau beli di kios tidak ada,” keluh Suryadi, ketua Kelompok Tani Tunas Harapan Desa Gentong, saat acara ngopi bareng bersama Bupati dan Forkompinda, Jumat (24/1).

Suryadi menerangkan, mayoritas warga di Desa Gentong adalah petani. Ketika terjadi pengurangan pupuk oleh Pemerintah, berpengaruh pada proses tanam. Dia meminta, Pemerintah Daerah memberikan solusi atas kekurangan pupuk yang dialami oleh warga Desa gentong.

“Dalam 1 Hektar, kebutuhan pupuk lahan pertanian sekira 5 Kwintal. Sedangkan, lahan pertanian di Desa kami sekira 200 Hektar,” ujarnya.

Keluhan Warga pada pertemuan itu dijawab oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bondowoso Syaifullah. Kata dia, pengurangan pupuk yang diakukan oleh Pemerintah untuk menyehatkan tanah. Karena mengalami kejenuhan akibat penggunaan pupuk non organik.

“Pemerintah pusat sedang menyiapkan pupuk organik. Nantinya, kelompok tani, melalui PPL,  diajari bagaimana membuat pupuk organik. Kedepan, kita akan budayakan menggunakan pupuk organik,” terang Sekda ditempat itu.

SHODIQ

Share.

About Author

Leave A Reply