Sejumlah Advokat Protes di PN Jakarta Utara Karena Belum Sidang

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Sejumlah Advokat Protes di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara, karena belum ada sidang hingga pukul 15.00 Wib, Kamis (23/1).

Nelson Daniel Boling dari kantor LBH Institut Lembang 9, protes dan hendak menghadap kepada Ketua Pengadilan Jakarta Utara. “Apa kita dianggap binatang disini? Dari PKL 9.00 Wib saya sudah disini (pengadilan) sampai sekarang belum sidang? Ada apa? Kalau tidak sidang bilang!” ucap Nelson setengah berteriak, yang di lerai oleh Security.

Untungnya security tidak emosi.

“Sabar Pak! Biar saya laporkan,” ucap sang security menenangkan sang Advokat.

Sekitar 30 menit kemudian baru sidang dimulai. “Maaf, ada majelis yang belum datang. Jadi belum gelar sidang. Sekarang beliau (Hakim Firman) sudah datang. Silahkan masuk ruangan,” ucap sang sekuriti sembari memanggil register perkara yang akan di sidangkan.

Menurut Daniel sudah ada sejumlah adavokat yang sudah pulang dan meninggalkan pengadilan karena tidak betah menunggu yang tidak pasti.

Hal yang sama juga terjadi pada sidang pidana. Keluarga terdakwa dan para Advokat sudah pada gelisah karena hingga pukul 15.00 Wib belum ada sidang.

“Boro-boro sidang. Tahanan saja baru sampai. Ia, nanti naik tahanan paling pukul 16.00 Wib, sidang kaya kemarin lagi pukul 16.30 Wib. Pulang malam lagi kita,” ucap salah seorang PP yang tidak mau disebut namanya.

Untuk diketahui pada beberapa bulan lalu, pada tahun 2019, tahun lalu, sidang di PN Jakarta Utara sudah mulai pukul 09.30 Wib. Dan sidang pidana sudah mulai pukul 13.00 WIB. Namun hal itu berlangsung hanya beberapa bulan saja. Setelah itu kembali lagi jadwal sidang tidak jelas. Tahanan datang pukul 15.00 Wib.

Apa penyebab persidangan kembali molor lagi belum terkonfirmasi. Ketua PN Jakarta Utara maupun Kepala Kejaksaan Jakarta Utara belum dikonfirmasi.

THOMSON

Share.

About Author

Leave A Reply