Darma Lingganawati Plt LPKA Klas 1 Tangerang Didakwa Melakukan Penganianyaan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, TANGERANG – Sidang terdakwa, Darma Lingganawati (51) binti Darma Supena Pejabat Plt Kepala Lapas, Lembaga Permasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Klas I Tangerang, duduk di bangku pesakitan Pengadilan Negeri Tangerang karena melakukan penganianyaan kepada stafnya.

Persidangan terdakwa, Darma Lingganawati di kawal oknum Pegawai Pengadilan yang tidak dilakukan penahanan (Tahana Kota) oleh Jaksa maupun Ketua Majelis Hakim, Irvan Siregar, Rabu (8/1). Setelah habis sidang, pegawai pengadilan membawa turun lewat tangga lift bukan lewat tangga seperti tahanan yang lain, dan melarang wartawan mengambil foto.

Andri Ferly melaporkan, atasannya Darma Lingganawati selaku Pelaksana Tugas ( Plt. LPKA ) Klas I Tangerang, karena terdakwa telah melakukan pemukulan terhadap korban di ruang klasifikasi anak laki laki pada hari, Senin 24 Juni 2019 yang disaksikan karyawan Lapas anak sekitar jam 10.00 WIB pagi.

Kejadian ini bermula dari, saksi korban Andri Ferly mengajukan haknya cuti sebagai pegawai Aparatur Sipil Negara ( ASN ) untuk beberapa hari kepada atasanya, dan sudah mendapat izin dari terdakwa, Darma Lingganawati selaku Plt di LPKA anak kelas satu Tangerang.

Tapi sehabis cuti saksi korban, Andri Firly masuk kerja melapor kepada terdakwa, Darma Lingganawati selaku pimpinanya untuk menanyakan dan mengklarifikasi surat cuti yang sudah dijalani korban karena ada informasi di batalkan sepihak tanpa ada pemberitahuan.

Sewaktu klasifikasi masalah cuti disaksikan beberapa karyawan, terdakwa sebagai Plt Kepala LPKA marah marah kepada korban berdiri dari tempat duduknya langsung memukul dada sebelah kiri korban. Tidak terima atas perbuatan pemukulan yang dilakukan atasanya korban membuat laporan ke polisi.

Dari hasil Visum et Revertum Nomor P.02 / 49 / 337 / 6 / 2019 yang ditanda tangani dr Laras Alditsa Surya di Rs Umum Kabupaten Tangerang, dan di ketahui dokter ahli Forensik Ahmad Ilham Kausar SpF, korban mengalami memar di pundak kiri yang diakibatkan pemukulan.

Perbuatan terdakwa, Darma Lingganawati menurut Jaksa Samsul Sahubawa dari Kejaksaan Negeri Tangerang, dalam surat dakwaanya melanggar pasal 351 ( 1 ) tentang penganianyaan. fengan ancaman hukuman duatas 2 Tahun.

Dalam Persidangan terdakwa didampingi Penasehat hukumnya, dan dakwaan yang di bacakan JPU terdakwa tidak melakukan eksefsi ( bantahan ) dan sidang selanjutnta hakim memerintahkan jaksa menghadirkan saksi untuk di dengar keteranganya di persidangan

LIM

Share.

About Author

Leave A Reply